Penyebab Lidah Berubah Warna Menjadi Putih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat tubuh anda mengalami beberapa masalah biasanya tubuh juga akan memberikan pertanda yang akan dapat dilihat dengan kasat mata manusia, salah satu bagian tubuh yang dapat mengindikasi adanya masalah pada tubuh adalah lidah. Khusus nya dalam hal warna lidah yang ternyata  dapat berubah seiring adanya perubahan kondisi tubuh anda.

Lidah sendiri adalah sebuah organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai pengecap makanan yang tentu saja akan berpengaruh pada rasa makanan ataupun pada selera makan anda. Fungsi lidah sebagai pengecap ini akan menghilang jika terjadi sebuah kelainan atau sebuah rasa yang terjadi. Lidah dapat berfungsi sebagai pendeteksi adanya penyakit pada tubuh manusia. Lidah yang sehat yaitu berwarna merah muda dan ditutupi nodul-nodul kecil yang disebut papila.

Lidah yang bewarna putih dapat terjadi karena papila pada permukaan lidah mengalami pertumbuhan berlebihan dan adanya pembengkakan. Pada lapisan putih lidah muncul akibat sisa makanan atau bakteri dan bisa juga diakibatkan oleh sel-sel yang mati bersangkut diantara papila yang membesar dan terkadang meradang.

Jika lidah anda berubah warna menjadi bewarna putih mungkin membuat anda sedikirt khawatir, akan tetapi biasanya hal ini tidak begitu berbahaya hanya besifat sementara. Namun lidah putih anda terus menerus tak kunjung hilang kondisi ini akan mulai anda perhatikan karena sudah serius, akan terjadi infeksi sampai kondisi prakenker. Ada bebrapa penyakita yang membuat lidah anda berwarna putih seperti:

  1. Leukoplakia

Leukoplakia adalah suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk di lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Merasakan sakit bercak ini tidak mudh dihilangkan apa lagi disikat atau dikerok. Leukoplakia terjadi pada saat lidah anda mengalami iritasi biasanya terjadi pada seseorang yang perokok dan seorang peminum alkohol . leukoplakia memang tidak berbahaya tetapi  dapat berubah menjadi kanker jika terlalu lama anda biarkan tanpa dioabati.

  1. Oral thrush

Oral thrush atau disebut juga candidiasis disebabkan oleh akumulasi atau pertumbuhan terlalu cepat jamur Candida albicans (organisme yang normal ada dalam mulut) di lapisan mulut. Oral thrush dapat menyebabkan rasa seperti terbakar atau perih di lidah serta plak putih atau terkadang juga berwarna merah yang terasa nyeri dan dapat dikerok. Oral thrush biasanya lebih sering terjadi pada bayi. Dan bila terjadi pada orang dewasa yaitu pada orang yang memiliki penyakt diabetes atau orang yang sering minum anti biotik dan orang yang kekurangan zat besi atau vitamin B. Jika anda mengalami oral thrush segera datang kepelayanan kesehtan utuk mendapatkan penaganan  segera.

  1. Oral lichen planus

Oral lichen planus adalah gangguan sistem kekebalan tubuh jangka panjang yang menimbulkan garis-garis putih berenda dan bercak putih di dalam mulut, dan juga pada lidah. Kondisi ini dapat menyebabkan lidah anda terasa terbakar atau perih, mulut terasa tidak nyaman, gusi merah dan sakit, plak yang dapat menimbulkan nyeri pada lapisan mulut. Gejala ini mungkin tidak terjadi pada kasus ringan.

Oral lichen planus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Kondisi ini sering kali tidak diketahui dokter. Untuk itu anda perlu merawat kebersihan gigi yang tepat dan anda perlu membatasi asupan makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut dan mulai lah berhenti memroko bagi anda yang merokok. merokok diduga membantu terhindar dari oral lichen planus.

  1. Geographic tongue

Geographic tongue adalah kondisi di mana papila pada permukaan lidah hilang dan terlihat seperti “pulau” merah halus dengan pinggiran berwarna putih. Penyebabnya tidak diketahui. Mungkin ada hubungannya dengan genetik karena merupakan kondisi turunan atau psoriasis (kondisi kulit kronis). Tapi pendapat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Geographic tongue tidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak berhubungan dengan infeksi atau kanker. Namun terkadang dapat membuat lidah terasa tidak nyaman dan sensitif terhadap zat tertentu.

  1. Tifus

Tifus biasanya di kenal dengan sebutan demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri salmonella yang menginfeksi penderitanya. Salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang terkena tifus, biasanya akan di lakukan pemeriksaan yang dilakukan di mulai dengan pememeriksaan dibagian lidah . gejala tipes salah satunya adalah lidah yang berwarna putih secara menyeluruh atau mungkin orang akn menyebut sebagai lidah  yang memucat.

Penyebab lainnya lidah berwarna putih adalah dehidrasi atau asupan cairan tubuh anda berkurang. Misalnya pada saat anda sakit, malas makan, malas minum lidah anda akan berwarna putih. Dan bagi anda yang mengkonsumsi alkohol dalam waktu panjang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here