Penyebab Mata Gatal pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata sering gatal sering diabaikan oleh beberapa orang, tindakan mengabaikan mata gatal merupakan salah satu tindakan yang salah, dan akan lebih baik jika dicari penyebab mata gatal tersebut. Bisa jadi mata gatal merupakan salah satu gejala dari masalah mata yang cukup berbahaya. Berikut adalah penyebab mata gatal yang umumnya terjadi, antara lain:

  • Alergi karena benda kecil yang masuk ke mata. Sebenarnya mata gatal karena alergi yang disebabkan oleh benda kecil yang masuk ke dalam mata tidaklah berbahaya. Benda kecil yang dimaksudkan bisa saja adalah debu, saat debu tersebut menempel pada konjungtiva (selaput lendir lapisan luar bagian putih mata), hal ini dapat mengakibatkan sistem imun salah mengenalinya. Kemudian Sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan memproduksi antibodi yang dapat mengakibatkan mata mengeluarkan zat histamin. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab mata gatal.
  • Alergi pada tubuh karena perubahan iklim yang cukup ekstrim. Karena temperatur yang semakin naik dapat menjadi penyebab dari penyebaran serbuk sari menjadi semakin banyak.
  • Terlalu lama menatap layar monitor. Kegiatan terlalu lama di depan layar monitor seperti tv, komputer atau ponsel juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mata gatal.
  • Paparan sinar matahari. Ini adalah penyebab mata gatal paling umum terjadi.
  • Kontak dermatokonjungtivitis adalah mata alergi yang keluar karena paparan kosmetik atau bahkan bisa disebabkan oleh obat tetes mata.
  • Konjungtivitis raksasa papilari. Ini diakibatkan softlens yang tidak bersih. Apabila Anda pengguna softlens, sebaiknya gunakan softlens disposable agar mengurangi resiko untuk terkena. Perlu diperhatikan apabila tidak cocok menggunakan softlens maka jangan memaksakan diri Anda, karena dapat menjadi penyebab mata gatal dan jenis alergi mata lainnya.
  • Alergi mata cuaca. Hal ini biasanya berkaitan dengan cuaca. Dinamakan musiman karena dapat keluar saat awal cuaca kemarau, karena pada musim ini banyak jamur dan sari serbuk sari terbang ke udara.
  • Konjungtivitis alergi kontiniu. Konjungtivitis ini tidak terpengaruh oleh musim,bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun. Mata gatal in penyebabnya adalah debu, tungau, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, parfum.

Konjungtivitis adalah suatu peradangan pada konjungtiva, umumnya yang terjadi peradangan dibagian ini akan mengakibatkan mata Anda gatal. Konjungtivitis Gonokokal bisa terjadi pada bayi baru lahir mereka bisa mendapatkan infeksi gonokokus pada konjungtiva dari ibunya ketika melewati jalan lahir. Karena itu setiap bayi baru lahir mendapatkan tetes mata (biasanya perak nitrat, povidin iodin) atau salep antibiotik (misalnya eritromisin) untuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan konjungtivitis gonokokal.

Dewasa bisa mendapatkan konjungtivitis gonokokal melalui hubungan seksual misalnya jika cairan semen yang terinfeksi masuk ke dalam mata. Biasanya konjungtivitis hanya menyerang satu mata. Selama 12-48 jam setelah infeksi mulai, mata menjadi merah dan nyeri, jika tidak diobati bisa terbentuk ulkus kornea, abses, perforasi mata bahkan kebutaan. Untuk mengatasi konjungtivitis gonokokal bisa diberikan tablet, suntikan maupun tetes mata yang mengandung antibiotik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY