Penyebab Mendengkur pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah Anda pernah mengalami atau mendengar seseorang mendengkur saat tidur? Tidur mendengkur atau sleep apnea merupakan gangguan yang terjadi ketika otot leher rileks atau jatuhnya pangkal lidah saat tidur sehingga menghalangi aliran udara dari hidung dan tenggorokan. Biasanya penderita apnea akan mendengkur dengan suara keras dan pernapasannya secara periodik terhenti saat tidur. Tidur mendengkur bisa dialami oleh siapa aja termasuk anak-anak, namum pada umumnya hal ini terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Tidak menutup kemungkinan baik pria maupun wanita dapat mengalami tidur mendengkur, pada umumnya mendengkur tidak termasuk gangguan dalam tidur, tetapi mendengkur yang disertai dengan keadaan apnea dapat menjadi masalah.

Kebiasaan mendengkur ini bisa berbahaya, bisa juga tidak. Dikatakan tidak berbahaya, karena dengkuran merupakan gangguan ringan yang bisa menimpa siapa saja. Dan dikatakan berbahaya karena gangguan ini bisa merusak hubungan suami-istri, apalagi jika pasangan yang mendengkur itu susah dibangunkan. Sering kali seseorang yang memiliki pasangan suka mendengkur akan berusaha menghindari suara dengkurannya.

Rintangan tersebut seperti adanya adenoid, amandel atau mengendurnya otot di belakang mulut. Terjadinya apnea dapat mengacaukan saat bernapas dan bahkan bisa menyebabkan henti napas. Apabila kondisi ini berlangsung lama, maka dapat menyebabkan kadar oksigen dalam darah dapat menurun dan denyut nadi menjadi tidak teratur. Jika Anda tidur dengan seseorang yang punya kebiasaan tidur berbeda, misalnya mendengkur, bisa membuat Anda susah tidur atau tidur kurang nyenyak. Pasangan tidur yang memiliki masalah sulit tidur, misalnya mengidap insomnia bisa menjadi penyebab tidur yang buruk juga.

Biasanya saat pria mendengkur akan menimbulkan suara yang keras, namun kebanyakan orang tidak menyadari kondisinya. Sehingga kondisi tidur mendengkur bisa menggangu orang lain yang saat itu tidur bersama orang lain. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pria tidur mendengkur, antara lain :

  • Hidung tersumbat. Hidung tersumbat dapat terjadi karena berbagai alasan seperti polip hidung, flu, rhinitis, dsb.
  • Tidur dengan posisi telentang. Tidur dengan posisi terlentang dapat menimbulkan masalah mendengkur saat tidur. Hal terjadi karena mulut menjadi terbuka saat sedang tidur. Posisi lidah kemudian akan terdorong ke dalam dan akan memudahkan untuk terjadinya suatu penyumbatan pada saluran pernafasan.
  • Bentuk anatomi dari tubuh. Bentuk tubuh seseorang dapat mempengaruhi terjadinya mendengkur saat tidur, seperti saluran pernafasan yang kecil dan juga sempit akan menyebabkan seseorang menjadi sulit dalam membuang nafas. Umumnya laki-laki dengan saluran nafas yang sempit akan berisiko mengalami masalah dengkuran saat tidur.
  • Kegemukan. Karena kurangnya aktifitas fisik menyebabkan peningkatan lemak dalam tubuh di sekitar tenggorokan. Membuat penumpukan jaringan lemak di sekitar leher menekan udara selama tidur. Hal ini menyebabkan obstruksi udara dan getaran jaringan lunak yang menyebabkan seseorang mendengkur.
  • Gangguan faring. Hal ini dapat terjadi karena jaringan lemak yang berlebihan di bawah mukosa faring, tonsil, hipertrofi, dsb. Faring yang terganggu akan menyebabkan getaran pada jaringan lunak sehingga menyebabkan suara dengkuran.
  • Sleep apnea. Sleep apnea merupakan kondisi dimana seseorang menderita gangguan dalam bernafas selama 10 detik atau lebih. Sleep apnea dapat terjadi berkali-kali dalam semalam, dan menyebabkan gangguan pada pola tidur normal. Ketika seseorang berhenti bernafas, maka terjadi kenaikan tingkat karbondioksida dalam darah. Otak mengirimkan sinyal dan membangunkan orang tersebut sehingga ia tidak dapat lagi untuk melanjutkan berna Dapat disimpulkan bahwa mendengkur dapat menunjukkan kemungkinan bahwa seseorang menderita sleep apnea.
  • Alkohol. Alkohol cenderung memperlambat respon otak dan menyebabkan otot-otot lebih rileks dari biasanya. Hal ini juga menyebabkan iritasi pada hidung dan kemacetan yang menyebabkan mendengkur.
  • Merokok. Kebiasaan merokok menyebabkan iritasi rongga hidung dan tenggorokan. Iritasi ini menyebabkan peradangan yang mempersempit saluran hidung bahkan lebih jauh dari itu.

Kehidupan yang sibuk dapat menjadi penyebab lain pria mendengkur, hal tersebut dapat juga menunjukkan tekanan darah tinggi, masalah hormon, maupun penuaan. Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah kesehatan yang menyebabkan seseorang mendengkur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY