Penyebab Menstruasi Berlangsung Lama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak semua wanita memiliki durasi dan jumlah pendarahan yang sama pada saat menstruasi. Menstruasi normal pada umumnya  berlangsung sekitar tiga hingga tujuh hari, rata-rata terjadi setiap 28 hari. Pendarahan menstruasi yang terlalu deras, berkepanjangan, atau tidak teratur disebut menorrhagia. Menstruasi berkepanjangan atau berlangsung lama apabila pendarahan telah melampaui durasi satu minggu.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang berlangsung lama dan tak kunjung usai, hal ini tidak normal. Kecuali jika Anda telah mendekati menopause (biasanya terjadi di usia 45-55 tahun). Menstruasi yang berlangsung lebih dari satu minggu juga dapat diakibatkan oleh perubahan hormon yang menandakan tubuh sedang bersiap untuk menyambut “perubahan” yang akan datang.

Bagi anda yang mengalami menstruasi berkepanjangan, artikel di bawah ini menarik untuk di simak, mulai dari penyebab yang paling umum hingga yang sangat jarang terjadi. Beberapa penyebab ini adalah kondisi menstruasi berkepanjangan yang tergolong abnormal setelah penyebab lain, seperti tahun pertama haid, menorrhagia biasa, atau kehamilan telah dikesampingkan.

Apa saja penyebab menstruasi berlangsung lama dan tak kunjung selesai?

  1. Perdarahan uterus disfungsional (DUB)

Perdarahan uterus disfungsional (Dysfunctional Uterine Bleeding/DUB) adalah penyebab yang paling umum dari perdarahan menstruasi abnormal pada wanita di usia reproduksi, tapi peluang mengalami DUB akan lebih besar jika wanita telah berusia lebih dari 40 tahun. DUB menunjukkan disfungsi hormon, yang dapat memengaruhi stabilitas lapisan rahim wanita dan menyebabkan bercak saat tidak terjadi haid, perdarahan menstruasi berat yaitu kondisi dimana wanita harus ganti pembalut setiap jam pada saat haid

  1. Gonta-ganti Pil KB

Jika Anda menggunakan KB hormon, kontrasepsi oral inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab di balik menstruasi berlangsung lebih lama dari biasanya. Pil ini dapat mengubah frekuensi, durasi, dan keparahan perdarahan di setiap siklus menstruasi. Kadang, beralih antar merek pil dan jenis kontrasepsi juga dapat berakibat langsung pada siklus menstruasi Anda.

  1. Adenomiosis

Adenomiosis adalah kondisi di mana jaringan pelapis rahim (endometrium) tumbuh di dalam dinding otot rahim wanita. Jaringan endometrium yang tersesat ini bisa menebal dan pecah, mengalami perdarahan layaknya perdarahan pada saat terjadi siklus menstruasi. Jika Anda mengalami adenomiosis, Anda akan mengalami sejumlah gejala atau tanda lainnya, seperti durasi menstruasi berkepanjangan (lebih dari 7 hari), perdarahan berat disertai dengan kram di perut dan terjadi gumpalan darah besar, serta rasa nyeri saat berhubungan seks. Adenomiosis biasanya terjadi di akhir masa subur (perimenopause) dan pada wanita yang telah melahirkan.

  1. Masalah berat badan

Jika dalam beberapa bulan terakhir Anda mengalami kenaikan berat badan dalam jumlah yang besar, maka hal ini dapat mempengaruhi keteraturan menstruasi Anda. Secara wanita alami memiliki estrogen yang membantu membuat area rahim sebagai lingkungan yang nyaman dan menguntungkan untuk pertumbuhan janin. Namun, jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, Anda akan memiliki tambahan sel-sel lemak dalam jumlah cukup besar yang menghasilkan estrogen yang disebut dengan estron. Sel-sel estrogen tambahan ini meniru gejala kehamilan, sehingga secara otomatis meskipun Anda tidak berovulasi, tapi darah terus melapisi dinding rahim Anda. Pelapisan dinding rahim terus terjadi hingga Anda mendapatkan menstruasi yang sebenarnya. Perdarahan pada menstruasi ini akan terasa lebih berat dari biasanya dan tampak seolah menstruasi berlangsung lebih lama dari biasanya.

Jika anda telah merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Simpan rincian siklus dan pengalaman menstruasi Anda sebagai bukti tambahan untuk membantu dokter menentukan diagnosis yang tepat bagi keluhan yang sedang Anda alami. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here