Penyebab Mimisan pada Umumnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mimisan pada seseorang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, pada orang dewasa mimisan antara orang satu dan yang lain berbeda-beda, hal ini karena beragamnya hal-hal yang dapat menyebabkan anda terkena mimisan. Mimisan dalam dunia medis disebut dengan epistaksis yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah hidung. Secara anatomis mimisan dibedakan menjadi 2 bagian yaitu epistaksisi anterior dan posterior. Antara bagian depan hidung dan belakang hidung manusia.

Pada garis besarnya penyebab mimisan dapat terjadi karena 3 kelompok besar yaitu lokal, sistemik dan idiopatik. Tiga kelompok ini memiliki angka jedian yang berbada-beda dan berbagi dari kelompok usia, seperi:

  1. Penyebab Lokal

Penyebab lokal mimisan ini dapat terjadi pada orang dewasa secara langsung mengenai pembuluh darah di hidung dan mukosa hidung seseorang. Termasuk didalam penyebab lokal ini menimbulkan trauma langsung pada mukosa hidung seperti kebiasaan mengorek hidung yang berlebihan maupun yang terjadi karena suau benturan atau pukulan. Pada udara yang kering dan cuaca yang dapat menyebabkan iritasi pada mukosa hidung akan dapat menyebabkan pembuluh darah pada hidung pecah dan terjadilah mimisan pada orang dewasa.

  1. Penyebab Sistemik

Mimisan pada orang dewasa kedua yaitu diakibatkan oleh sistemik yaitu akibat kumpulnya penyebab yang terjadi secara menyeluruh diseluruh tubuh seseorang dan berujung pada kelemahan dan pecahnya pembuluh darah atau kapiler hidung.

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan mimisan adalah kelainan pendarahan seperti kelainan pembekuan darah  baik primer mauoun sekunder. Contohnya pada pasien yang mengalami seranga jantung yang mengharuskan orang tersebut mengkonsumsi obat untuk pembuan darah seperti warfarin.

Beberapa penyakit lainnya yang menyebabkan mimisan juga karena tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol dengan baik. Dan pada penyakit sistemik lainnya yaitu demam berdarah dengue (DBD) mauoun demam tifoid dimana pasien tersebut mengalami gangguan sel darah terutama trombosit juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami mimisan.

Dan pada orang dewasa juga dapat disebabkan oleh penyakit hati dimana mekanisme yang mendasarinya sama seperti gangguan sistem pembekuan darah. Tumor juga dapat menyebabkan terjasinya mimisan pada orang dewasa.

  1. Idiopatik

Penyebab terakhir yaitu idopatik adalah penyebab mimisan pada orang yang dewasa yang akan terjadi pada kurang lebih 100% kasus. Idiopatik merupakan istilah yang digunakan didalam dunia medis yang penyebabnyabelum diketahui dengan jelas. Karena pada beberapa kasus mimisan atau epitaksis ini memang tidak ditemukan penyebab yang pasti penyebab yang mendasari pecahnya pembuluh darah dari hidung walaupun sudah dilakukan sejumlah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.

Itu lah pembahasan mengenai penyebab mimisan pada orang dewasa. Jika anda mengalami gejala atau penyebab mimisna tidak perlu panik. Semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here