Penyebab Minat Belajar yang Kurang pada Anak Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orangtua yang mengkhawatirkan anaknya karena anaknya memiliki prestasi yang kurang di sekolah. Penyebabnya ialah karena berkurangnya minat belajar pada anak. Minat belajar anak dipengaruhi oleh berbagai penyebab.

Beberapa penyebab yang membuat minat belajar anak menjadi berkurang ialah sebagai berikut:

  • Kurang Perhatian Orangtua

Remaja yang malas belajar biasanya memang merupakan remaja yang hidup di lingkungan keluarga yang kurang peduli dan kurang perhatian. Bisa jadi kedua orangtuanya bekerja dan tidak adawaktu untuk memperhatikan anak-anaknya. Tidak ada yang membiasakan anaknya untuk belajar sedini mungkin sehingga anak tidak terbiasa untuk hidup tertib dalam belajar.

  • Terlalu Banyak Kegiatan

Remaja biasanya sedang banyak sekali aktivitas, jadwal, atau pun kegiatan di luar jam sekolah. Baik itu kegiatan les privat, bimbel, musik, olahraga, dan lain sebagainya. Banyaknya kegiatan di waktu remaja membuat mereka selalu merasa capek setiap pulang sekolah dan pulang kegiatan sehingga sudah tidak ada lagi waktu untuk belajar.

  • Terlalu Dimanja

Banyak anak remaja yang sudah hidup dipola orangtua yang suka memanjakannya. Anak yang sedari kecil dimanja biasanya akan merasa tidak peduli untuk arti sebuah perjuangan sehingga tidak ingin kerja keras di bidang prestasi atau pun sekolah. Anak yang dimanja biasanya sudah disediakan semuanya oleh orangtuanya sehingga tidak memiliki gairah untuk menggapai kesuksesan.

  • Tidak Memiliki Semangat

Banyak remaja yang kurang minat belajar karena kurangnya minat pada bidang akademik. Kurang semangat ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah memiliki kesukaan di bidang lain. Remaja yang sudah memiliki kesibukan di bidang lain biasanya akan cenderung mengacuhkan tanggungjawabnya sebagai pelajar.

  • Terlalu Banyak Bermain

Remaja diidentikkan dengan kebiasaannya bermain bersama teman-temannya. Remaja lebih sering bermain dengan temannya daripada kumpul bersama keluarga maupun belajar. Alhasil mereka pun biasanya sudah sangat capek jika sedang berada di rumah. Remaja biasanya akan merasa bahwa dirinya lebih rileks dengan bermain daripada harus belajar.

  • Sudah Mengenal Pacaran

Banyak remaja yang sudah mengenal pacaran sehingga lebih sering mengurus pacarnya daripada mengisi waktu untuk belajar. Remaja yang sudah pacaran biasanya akan mengalami kurangnya minat dalam hal belajar.

Biasanya remaja akan merasa bahwa cinta merupakan hal yang paling harus diperjuangkan daripada harus belajar. Banyak orang yang selalu ingin merasakan bahwa pacaran merupakan suatu yang keren daripada harus berprestasi di sekolah. Anggapan seperti ini lah yang harusnya dibenahi. Harusnya pacaran menjadi hal yang ke sekian dan lebih mengutamakan belajar.

Demikian informasi mengenai minat belajar yang kurang pada anak. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here