Penyebab Mood Gampang Berubah saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika kehamilan tidak hanya membuat fisik seorang perempuan berubah, namun juga menyebabkan perubahan psikologis. Perubahan psikis tersebut yang akhirnya mempengaruhi emosi ibu hamil, sehingga mood dapat berubah setiap waktu.

Perempuan yang tengah menjalani masa kehamilan, memang memiliki emosi yang mudah berubah-ubah. Hal ini harus menjadi perhatian bagi orang-orang terdekat, sehingga bisa mengantisipasi atau memaklumi perubahan mendadak yang bisa muncul dari ibu hamil.

Penyebab emosi ibu hamil mudah berubah

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan emosi ibu hamil tidak stabil. Faktor-faktor tersebut seperti perubahan hormon, stres, perasaan takut atau kelelahan. Emosi yang tidak stabil pada ibu hamil biasanya muncul pada 6 hingga 10 minggu pertama. Situasi tersebut akan kembali muncul ketika mendekati proses kelahiran.

Tidak sedikit ibu hamil yang merasa tak nyaman atau takut atas kehamilan yang dijalaninya. Tidak hanya takut pada rasa sakit yang dialami, tapi juga rasa takut pada perubahan fisik yang akan didapatkan pasca kelahiran.

Hal seperti itulah yang menyebabkan ibu hamil lebih mudah sensitif, sehingga mudah tersinggung. Emosi yang tak stabil bisa memicu rasa depresi. Apabila tidak ditangani dengan baik, bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Dampak negatif tekanan psikologis pada ibu hamil

Tekanan psikologis yang menyebabkan ibu hamil mudah mengalami perubahan emosi, dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Dampak yang bisa muncul antara lain:

  1. Ibu hamil mudah lupa.
  2. Ibu hamil kurang dapat berkonsentrasi, khususnya dalam waktu yang lama.
  3. Ibu hamil mengalami kesulitan dalam tidur, sehingga berdampak rasa lelah ketika pagi hari.
  4. Ibu hamil mudah tersinggung karena lebih sensitif.
  5. Ibu hamil mengalami gangguan pada pola makan.

Cara mengatasi mood yang mudah berubah bagi ibu hamil

Perubahan emosi yang tak stabil adalah gejala umum pada kehamilan. Guna menghadapi tekanan psikologis tersebut, ibu hamil bisa lebih intens berkomunikasi dengan keluarga atau ahli kandungan. Hal tersebut penting dilakukan agar tak menimbulkan depresi yang berlebihan. Selain komunikasi, beberapa cara di bawah ini juga bisa dilakukan untuk mengatur emosi ibu saat hamil:

  1. Ibu hamil bisa melakukan olahraga yang cukup.
  2. Ibu hamil perlu istirahat yang cukup.
  3. Ibu hamil perlu memperbaiki pola makan.
  4. Ibu hamil perlu memprioritaskan kesehatan diri dan janin.
  5. Ibu hamil bisa melakukan jalan-jalan santai untuk refresing.
  6. Ibu hamil bisa membaca buku atau menyaksikan tayangan yang menginspirasi, khususnya mengenai kehamilan.
  7. Ibu hamil bisa mencari spa yang menyediakan pijatan khusus.
  8. Ibu hamil bisa berendam di air hangat agar pikiran lebih tenang. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here