Penyebab Munculnya Stretch Mark pada Pria dan Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Munculnya strech mark ternyata tidak hanya terjadi pada wanita saat hamil, namun juga bisa terjadi pada pria. Stretch mark merupakan sebuah guratan putih bermotif kemerah-merahan di bagian tubuh, yang panjangnya mulai dari milimeter hingga belasan centimeter. Munculnya stretch mark bisa disebabkan akibat elastisitas kulit telah melewati batas, sehingga memunculkan guratan tersebut.

Penyebab munculnya stretch mark di Tubuh

Stretch mark tidak hanya muncul pada ibu hamil, namun pada siapa saja. Mulai dari anak, remaja, hingga orang dewasa juga bisa mengalami stretch mark. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penyebab munculnya stretch mark pada pria.

  1. Stretch mark pada pria bisa muncul akibat mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat tersebut bisa berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menimbulkan stretch mark.
  2. Stretch mark pada pria bisa muncul akibat kekurangan konsumsi nutrisi khususnya vitamin A, E, dan C.
  3. Stretch mark pada pria bisa muncul akibat kegemukan sehingga membuat kulit mengalami perenggangan.
  4. Stretch mark pada pria bisa muncul akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
  5. Stretch mark pada pria bisa muncul akibat luka sehingga membuat sel kulit mati.

Cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark bisa menggunakan dua metode, yakni metode secara langsung dan tidak langsung. Kedua cara itu diwujudkan dengan menghindari makanan-makanan tertentu dan berolahraga.

Olahraga dianggap sebagai sebuah cara untuk menghilangkan stretch mark yang mujarab secara tidak langsung. Ketika berolahraga kulit otomatis akan kencang secara alami. Hal itu mengakibatkan guratan-guratan stretch mark hilang dengan mudah secara tidak langsung.

Sementara mengobati stretch mark secara langsung dapat dilakukan dengan menghindarkan diri dari makanan berkalori atau berlemak tinggi. Selain itu juga mengubah gaya hidup sehat, menjauhi rokok, memenuhi asupan nutrisi, vitamin dan gizi. Dirangkum dari berbagai sumber, pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark antara lain:

  1. Menggunakan krim dan salep. Di toko obat banyak sekali obat stretch mark yang dijual dengan berbagai merk. Merk-merk tersebut mengklaim produknya bisa menghilangkan stretch mark dengan aman dan cepat. Namun perlu diperhatikan kandungan dari obat tersebut, sebelum membeli dan menggunakannya.
  2. Melakukan terapi dengan laser. Cara mengatasi stretch mark dengan laser sangatlah mudah dan cepat, namun memakan biaya yang cukup mahal. Satu kelemahan lagi bahwa pengobatan stretch mark dengan laser, bisa juga hanya menghilangkan sementara. Alhasil setelah tidak melakukan pengobatan selama lebih dari 1 tahun, guratan stretch mark bisa muncul kembali.

Tips mencegah stretch mark agar tidak datang kembali

Setelah stretch mark di tubuh sudah sembuh atau hilang, langkah pencegahan perlu dilakukan agar guratan tidak muncul kembali. Ada beberapa langkah pencegahan stretch mark yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Menghindari konsumsi obat-obatan kartiko steroid dalam jangka panjang.
  2. Selalu mengkontrol berat badan, sehingga jangan naik atau turun secara drastis.
  3. Menghindari pertumbuhan otot secara berlebihan.
  4. Terapkan pola hidup sehat seperti diet sehat, konsumsi makanan bergizi, serta olahraga teratur. (APT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY