Penyebab Nafas Bau di Pagi Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mungkin Anda sering bertanya-tanya, mengapa nafas pada pagi hari tidak sedap? Bau mulut dalam istilah medis disebut dengan halitosis. Setiap orang pasti mengalami bau mulut saat pagi hari ketika bangun tidur. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, mulut sedang ada dalam mode istirahat dan tidak mencerna makanan. Sebenarnya apa saja penyebab bau mulut dan nafas yang tidak sedap di pagi hari?

  1. Kesehatan Mulut Yang Buruk

Menurut beberapa ahli, penyebab pertama bau mulut adalah masalah periodontal seperti gingivitis dan periodontitis (penyakit yang terjadi pada gusi), yang terbukti menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Hal ini menggambarkan bahwa kesehatan mulut juga sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya, yang biasa dikenal dengan koneksi mulut-badan atau oral systemic link. Racun dari bakteri mulut yang dilepaskan pada aliran darah dapat menimbulkan kekacauan di bagian lain pada tubuh.

  1. Kurangnya Air Liur

Perlu diketahui, menurut Mazen Natour, D.M.D., seorang prostodontis yang tinggal di Manhattan, New York bahwa sebagian besar nafas bau di pagi hari disebabkan karena produksi air liur saat tidur berkurang. Air liur berfungsi membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Ketika produksi air liur berkurang, maka bakteri penyebab bau mulut menjadi cepat berlipat ganda. Kesimpulannya adalah, semakin kering mulut, maka semakin tinggi kesempatan memiliki bau mulut di pagi hari.

  1. Tidur mendengkur

Mendengkur atau bernafas melalui mulut pada malam hari dapat meningkatkan kemungkinan bau mulut. Ketika mendengkur posisi mulut menjadi terbuka sehingga menyebabkan mulut menjadi kering dan memicu pertumbuhan bakteri dalam mulut. Pada dasarnya, ketika air liur dalam mulut berkurang, maka hal ini juga membuat kemampuan mulut untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut menjadi berkurang.

  1. Mulut Kering

Air liur sangat penting untuk membersihkan partikel makanan yang masih tersisa dalam mulut dan berfungsi untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Penurunan produksi air liur saat mulut kering juga bisa menjadi penyebab pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga mengakibatkan bau pada mulut. Kondisi mulut yang kering memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan menghasilkan senyawa sulfur yang mudah menguap sehingga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Selain penjelasan di atas, penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kekeringan pada mulut sehingga membuat nafas pagi menjadi tidak sedap. Dalam banyak kasus, bau mulut yang tidak sedap tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi ada kondisi-kondisi tertentu di mana bau mulut yang luar biasa bisa mengindikasikan masalah kesehatan. Bisa sebagai pertanda penyakit infeksi gusi yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Konsultasikan dengan dokter jika bau mulut tidak sedap lebih dari biasanya. Namun ada beberapa yang dapat dilakukan untuk menghindari bau mulut di pagi hari, yaitu pastikan menyikat dan membersihkan gigi dengan benar sebelum tidur, karena sisa makanan akan memberikan lebih banyak makanan untuk bakteri berkembang biak dalam mulut dalam waktu semalam. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here