Penyebab Noda Kuning Di Bagian Ketiak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah beraktivitas seharian anda mungkin sering melihat bagian ketiak baju anda ada noda kuningnya. Hal itu bisa saja membuat anda khawatir apakah ada kelainan pada tubuh anda sehingga mengeluarkan keringat yang berwarna kuning pada baju anda khususnya pada bagian ketiak.

Pada dasarnya keringat manusia itu berwarna bening atau seperti air putih. Jadi normalnya keringat anda berwarna putih karena tidak memiliki pigmen seperti pada urin yang bisa berwarna kuning.

Namun keringat kuning pada ketiak anda juga tidak menandakan ada kelainan pada tubuh anda. Memang ada beberapa penyebab yang membuat muncul noda kuning pada ketiak anda dan itu belum tentu kelainan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab noda kuning dibagian ketiak:

  1. Reaksi kimia

Penyebab pertama yaitu adanya reaksi kimia pada tubuh anda. Reaksi kimia tersebut terjadi karena penggunaan deodorant. Untuk menghilangkan bau ketiak anda sering menggunakan deodorant yang tanpa anda sadari dapat menyebabkan munculnya noda kuning dibagian ketiak.

Hal itu dapat terjadi karena reaksi kimia antara kandungan alumunium pada deodorant yang anda pakai. Alumunium tersebut akan bereaksi dengan mengubah struktur keringat anda sehingga terjadi perubahan warna dari bening menjadi kuning. Itulah mengapa baju pada bagian ketiak sering berwarna kuning.

  1. Kondisi chromhidrosis

Selain reaksi kimia, ada penyebab lain noda kuning dibagian ketiak yaitu ada beberapa orang yang mengalami kondisi chromhidrosis sehingga muncul noda kuning di ketiak. Penyebab ini tidak sering muncul karena langka, hanya beberapa orang yang mungkin mengalami chromhidrosis.

Seseorang dengan kondisi ini dapat mengalami perubahan warna keringat dari normal menjadi berwarna kuning, oranye atau bahkan kehijauan. Berdasarkan jenis kelenjar keringat, chromhidrosis ada dua yaitu chromhidrosis apokrin dan ekrin. Chromhidrosis apokrin yang menyebabkan noda kuning karena mengandung pigmen lipofuscin.

  1. Bahan pakaian

Bahan pakaian juga dapat mempengaruhi kenapa bagian ketiak anda berwarna kuning. Bahan pakaian ini lebih berhubungan dengan penggunaan deodorant. Reaksi kimia yang disebabkan oleh deodorant dengan keringat yang memunculkan warna keringat kuning, dan jika pakaian anda berbahan yang menyerap keringat maka bagian ketiak akan berwarna kuning.

Itulah beberapa penyebab noda kuning pada bagian ketiak. Untuk mencegah noda kuning pada bagian ketiak sebaiknya anda menjaga kebersihan ketiak seperti rutin mencukur bulu ketiak dan gunakan deodorant dengan sedikit kandungan alumunium. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here