Penyebab Orang Kurus Dapat Menderita Kolesterol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap manusia hidup di dunia ingin dalam keadaan sehat, bahagia dan sejahtera. Baik laki-laki ataupun perempuan, baik yang memiliki tubuh gemuk maupun yang memiliki tubuh kurus. Membicarakan mengenai gemuk atau kurusnya tubuh seseorang terbesit dalam fikiran kita apabila seseorang memiliki tubuh yang gemuk identik berisiko memiliki penyakit salah satunya adalah penyakit kolesterol. Orang gemuk cenderung di anggap beresiko memiliki penyakit kolesterol karena di anggap dalam tubuhnya memiliki banyak lemak jahat. Tanpa anda ketahui kolesterol pun dapat menyerang pada orang yang memiliki tubuh yang kurus.

Anggapan orang kurus depat terhindar dari penyakit tidaklah salah melainkan kurang tepat. Karena orang kurus masih beresiko terkena penyakit. Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki bobot di bawah rata-rata tidak menjamin akan terhindar dari penyakit Kardiovaskular. Hal ini disebabkan kemungkinan tingginya kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh orang kurus.

Tahukan anda penyebab terjadinya penyakit kolesterol dapat menyerang pada orang yang memiliki badan kurus?

  1. Gen. Kolesterol diproduksi oleh hati selain itu kolesterol dipengaruhi oleh makanan. Gen berperan dalam mempengaruhi hati. Untuk itu gen juga mempengaruhi terjadinya kadar kolesterol.
  1. Malas berolahraga. Penyebab terjadinya kolesterol pada orang kurus karena mereka malas untuk bergerak atau bahkan kurang melakukan aktivitas olahraga. Asam lemak jenuh mengalami peningkatan apabila kurang gerak atau kurang olahraga. Hal ini tertunya mengakibatkan kadar kolesterol pun meningkat.
  1. Alkohol. Apabila orang yang memiliki tubuh kurus memiliki hobi meminum alkohol dibandingankan minuman sehat akibatnya kepada penyakit kolesterol. Pada saat seseorang meminum alhokol dalam jumlah banyak mengakibatkan sistem metabolisme terhambat karena alkohol tidak dapat di metabolisme oleh tubuh dan oleh karena itu tingkat low-dinsity lipoprotein (LDL) menjadi meningkat.
  1. Kebiasaan makan. Meski badan kurus mereka tetap beresiko terkena kolesterol karena mereka memiliki kebiasaan pola makan yang buruk. Salah satunya memiliki kebiasaan makanan yang mengandung asam lemak karena badannya kurus mereka tidak pernah merasa khawatir akan berat badannya dan merasa kekurangan makanan. Makanan yang mengandung asam lemak yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol.
  1. Stress. Gaya hidup sibuk akan menimbulkan lever stress. Studi penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar kolesterol didalam hasil respon biologis tubuh terhadap stres yang melibatkan akumulasi sumber energi seperti asam lemak dan glukosa, membuat mereka berkurang berat badan. Stres juga merupakan faktor risiko utama dalam pengembangan penyakit utama.

Normalnya kadar kolesterol yaitu dibawah 200 mg/gl dengan trigiserida < 150 mg/dl, HDL atau yang disebut dengan kolesterol baik > 60 mg/dl, sedangkan LDL yang disebut dengan kolesterol jahat < 130 mg/dl. Agar terhindar dari penyakit kolesterol sebaiknya anda membiasakan diri untuk hidup sehat, olahraga yang teratur, kurangi makanan yang berlemak, hindari stress, dan juga hindari minuman beralkohol. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here