Penyebab Pembesaran Payudara pada Pria (Ginekomastia)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda melihat atau justru Anda sendiri mengalami ginekomastia pada pria? Sebuah kondisi payudara pria yang membesar. Sebenarnya bagaimana definisi dan apa penyebabnya?

Definisi dan Pemahaman Ginekomastia

Ginekomastia merupakan suatu kondisi dimana payudara pria mengalami peningkatan ukuran dan perkembangan. Pembesaran payudara yang terjadi pada pria bukan merupakan kanker karena dalam kondisi tertentu bisa kembali normal seperi sedia kala. Ginekomastia merupakan kondisi dimana laki-laki mengalami pembesaran payudara bukan karena lemak tapi jaringannya. Ginekomastia biasa terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir, masa pubertas, dan lansia. Bisa terjadi hanya satu sisi payudara atau pun keduanya.

Ginekomastia merupakan pertumbuhan payudara abnormal yang berasal dari adanya sebuah kelainan hormon estrogen dan testosteron sehingga payudaranya dapat tumbuh besar. Kondisi ini bukan merupakan suatu penyakit tapi karena faktor estetika. Ginekomastia nampak terlihat ketika bayi laki-laki yang baru lahir, anak laki-laki usia 12 hingga 16, dan pria dengan usia lanjut. Untuk bayi laki-laki bisa mengalami pertumbuhan payudara hingga waktu 6 minggu hingga 3 tahun setelah masa pubertas. Kondisi pembesaran payudara ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi.

Penyebab Ginekomastia

Ginekomastia disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  1. Ginekomastia merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya ketidakseimbangan jumlah hormon estrogen dan testosteron yang bisa hormon diproduksi oleh tubuh.
  2. Ketidakseimbangan hormon diakibatkan oleh kondisi berisiko yang menghalangi produksi hormon testosteron yang dapat memicu produksi hormon estrogen dalam jumlah yang berlebihan.
  3. Pemicu ginekomastia merupakan perubahan hormon alami yang timbul oleh adanya zat atau obat-obatan tertentu. Kondisi ini bisa terjadi oleh adanya pengobatan penyakit tertentu.
  4. Mengkonsumsi obat anticemas dan antidepresan
  5. Mengkonsumsi jenis obat steroid atau pengobatan pada penyakit jantung seperti digoksin dan penghambat kanal kalsium.
  6. Adanya pengobatan terhadap penyakit HIV, kemoterapi, dan antibiotik.
  7. Mengkonsumsi obat amphetamines, methadone, steroid, heroin, merokok mariyuana.
  8. Efek terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol.
  9. Efek jangka panjang terjadinya penyakit hati.
  10. Berlebihnya hormon wanita dan kurangnya hormon bagi laki-laki,
  11. Terjadinya gagal ginjal sehingga memerlukan dialisis ginjal,
  12. Terjadinya penyakit kanker yang membutuhkan kemoterapi dan radiasi terapi,
  13. Mengkonsumsi ganja dan zat psikotropika lainnya.

Demikian informasi mengenai definisi dan penyebab ginekomastia yang disuguhkan khusus untuk para pembaca agar lebih waspada jika mengalami kondisi yang sedemikian rupa. Bagi para Pembaca yang ingin terbebas dari penyakit ini ada baiknya untuk menjauhi segala sesuatu yang bisa menjadi penyebab penyakit tumbuhnya payudara pada laki-laki ini. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here