Penyebab Pembesaran Rahim

SehatFresh.com – Uterus atau rahim adalah tempat dalam tubuh di mana bayi tumbuh. Terletak di panggul, organ reproduksi wanita ini dapat membesar karena berbagai alasan. Pada wanita usia subur, kehamilan normal atau abnormal, adalah alasan paling umum untuk pembesaran rahim. Tumor jinak pada rahim, yang dikenal sebagai fibroid, juga bisa menjadi penyebabnya. Pada wanita muda yang baru mulai menstruasi, terkadang penyumbatan aliran darah menstruasi bisa mengarah pada pembesaran rahim. Pada wanita yang lebih tua, kanker yang melibatkan rahim merupakan penyebab potensial untuk pembesaran rahim.

  • Kehamilan

Dalam beberapa minggu pertama kehamilan normal, rahim mulai tumbuh. Dimulai dengan berat sekitar 70 g dan tumbuh hingga sekitar 1.100 g. Keguguran atau kehamilan di luar rahim (kehamilan ektopik) juga dapat mengakibatkan pembesaran rahim. Namun jenis lain dari kehamilan yang tidak normal, yang disebut kehamilan molar, dapat menyebabkan pertumbuhan uterus yang berlebihan.

  • Fibroid

Fibroid rahim (leiomioma) adalah tumor yang paling umum ditemukan di panggul. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, fibroid rahim terjadi pada hingga 70 persen dari wanita kulit putih dan 80 persen pada wanita kulit hitam dengan usia 50. Kondisi ini jarang terjadi di masa remaja dan biasanya menyusut setelah menopause. Tumor ini bisa begitu kecil, di mana hanya terlihat dengan mikroskop. Dalam kasus yang jarang, ukurannya dapat melebihi 25 lbs (sekitar 11 kg). Meski kebanyakan tidak menyebabkan gejala, tumor dapat menyebabkan perdarahan abnormal, tekanan panggul, menstruasi yang menyakitkan dan lebih sering buang air kecil.

  • Adenomiosis

Adenomiosis terjadi ketika lapisan rahim (endometrium) tumbuh ke dalam dinding rahim sehingga menyebabkannya tumbuh hingga dua sampai tiga kali melebihi ukuran normal. Ini memengaruhi sekitar 20 persen wanita. Gejala klasik adenomiosis adalah menstruasi yang menyakitkan berat, namun seringkali tanpa gejala. Seperti fibroid, kondisi ini memengaruhi wanita usia subur.

  • Hematometra

Hematometra adalah gangguan lain yang dapat menyebabkan pembesaran rahim. Hal ini terjadi ketika rahim mengembang disertai pemblokiran aliran darah menstruasi. Hal ini dapat terjadi pada wanita muda yang baru mulai menstruasi atau pada wanita yang lebih tua yang memiliki jaringan parut dalam panggul akibat radiasi atau operasi.

  • Kanker

Kanker yang melibatkan rahim dapat menyebabkan pembesaran rahim dan paling mungkin terjadi pada wanita pascamenopause. Salah satu yang paling umum adalah kanker endometrium. Kondisi lainnya adalah kanker pada bagian dalam dinding otot rahim. Ini dikenal sebagai sarcoma. Kanker juga dapat terjadi dalam fibroid. Ini disebut leiomyosarcoma.

Sumber gambar : caraterbarumengatasi.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY