Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung memang tak lagi hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Kini, semakin banyak orang berusia muda terserang penyakit jantung. Lantas, sebenarnya apa penyebab penyakit jantung di usia muda?

Belum lama ini, sebuah studi melakukan pemeriksaan terhadap 760 mayat remaja dan orang berusia muda. Para peneliti menemukan sumbatan pada arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol.

Hal tersebut menunjukkan, pencegahan penyakit jantung di masa depan sudah harus dilakukan sejak usia anak-anak, ungkap penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnaL Circulation.

“Intinya adalah bahwa pencegahan jangka panjang penyakit arteri koroner sudah harus dimulai pada masa anak-anak atau setidaknya di usia remaja,” ujar Dr. Henry McGill, ilmuwan senior dari Southwest Foundation for Biomedical Research di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Dalam penelitian ini, terlihat bahwa laki-laki dua kali lebih berisiko mengalami munculnya plak dibandingkan wanita dengan rentang usia yang sama.

Secara garis besar, serangan jantung di usia muda bisa disebabkan oleh beragam faktor antara lain:

  • Kolesterol tinggi

Kadar low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan kolesterol jahat menjadi salah satu penyebab utama serangan jantung. Kolesterol jahat ini menempel di dinding-dinding arteri. Sebuah penelitian menemukan, laki-laki muda berusia 20-an dan 30-an dengan kolesterol tinggi, dua sampai tiga setengah kali lebih tinggi berisiko meninggal karena penyakit jantung.

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah memang bervariasi pada setiap orang. Untuk orang dewasa, tekanan darah yang normal adalah 120/80. Memiliki angka darah yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan juga stroke.

  • Gaya hidup

Pola hidup yang tidak sehat, seperti makan berlebihan, mengosumsi alkohol serta merokok adalah kegiatan yang dapat membuat orang mudah terkena serangan jantung.

  • Kurangnya asupan serat dari buah dan sayuran

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik.

  • Obesitas

Obesitas juga diawali dengan pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang mengalami obesitas biasanya jarang berolah raga, namun sering mengonsumsi makanan secara berlebih.

  • Kurang berolah raga

Pertimbangkanlah beberapa potensi manfaat dari olahraga: memperkuat jantung, meringankan gejala gagal jantung kongestif, menurunkan tekanan darah hingga mengurangi stres. Lakukan olahraga ringan secara rutin untuk memperkuat jantung Anda, seperti berenang, bersepeda, atau lari pagi.

  • Riwayat keluarga

Banyak orang yang meninggal akibat serangan jantung yang berasal dari riwayat keluarga. Segerakan periksa sejak dini ke dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY