Penyebab Perut Kembung pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kondisi kehamilan pada seorang ibu bisa sangat memengaruhi kondisi tubuh lainnya sama halnya dengan kondisi tubuh seorang ibu hamil bisa mempengaruhi kondisi kehamilannya. Ibu hamil biasanya akan sangat panik jika terjadi sesuatu yang janggal pada kondisi tubuhnya seperti terjadinya perut kembung saat kehamilan.

Ibu muda hamil atau pertama kali mengalami kehamilan biasanya langsung panik saat terjadi kondisi tidak mengenakan selama kehamilanya, seperti perut kembung. Pada dasarnya kondisi seperti itu cukup wajar dialami oleh semua ibu yang sedang hamil. Selain perut kembung, biasanya ibu hamil muda juga akan mengalami dorongan untuk buang angin yang lebih sering dari biasanya. Penyebabnya cukup alamiah, yakni karena kinerja usus lebih lambat selama masa kehamilan. Lambatnya kinerja usus disebabkan oleh adanya pertukaran hormon progesteron di dalam tubuh ibu hamil.

  • Penyebab Perut Kembung saat Hamil

Rasa kembung saat hamil disebabkan oleh bayi di dalam perut yang makin berkembang dan menekan perut Anda. Hal ini juga dapat membuat pencernaan melambat. Rasa kembung juga dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil. Hormon ini memberikan dampak relaksasi pada otot di dalam tubuh yang kemudian berdampak kepada otot sistem pencernaan. Hal lain yang memungkinkan Anda merasa kembung satat hamil antara lain

  • Kondisi Rahim

Saat wanita dalam periode datang bulan menyebabkan endometrium tumbuh dan mengental. Hal yang sama terjadi pada saat awal kehamilan, namun kali ini endometrium lebih menebal dari biasanya. Selama proses ini berlangsung sebagian besar darah dikirim ke rahim dan memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat, sehingga aliran darah menjadi sangat tinggi. Hal tersbut menyebabkan rahim membengkak dan menyebabkan tekanan di perut bagian bawah.

  • Sembelit

Ketika wanita hamil tubuh melepaskan hormon progesteron berlebih. Kelebihan progesteron dalam tubuh wanita membantu dalam melembutkan otot dan ligamen. Namun, ketika otot-otot menjadi lebih lunak dan lemah hal ini ini memperlambat proses pencernaan Anda. Kondisi tersebut dapat menyebabkan sembelit pada wanita hamil yang mengakibatkan rasa kembung yang parah selama awal kehamilan.

  • Berat badan

Selama masa kehamilan, berat badan Anda cenderung meningkat. Anda juga cenderung akan makan berlebihan disamping mengidam makanan dan minuman. Saat Anda disarankan untuk lebih banyak istirahat dan tidur, maka kegiatan fisik menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, asupan makanan yang lebih besar disertai aktivitas fisik yang kurang mengarah pada penambahan berat badan dan hal Ini membuat Anda menjadi sangat gemuk dan juga perut kembung.

  • Gas

Sudah dijalaskan bahwa manfaat positif dari meningkatknya hormon progesteron dalam tubuh saat kehamilan membantu Anda dalam peregangan panggul bagi bayi untuk melewatinya saat melahirkan. Disisi lain hal tersebut menyebabkan proses pencernaan berlangsung sangat lambat. Kondisi ini kadang-kadang menyebabkan asam lambung, mengakibatkan mulas dan ingin buang angin. Terutama bagi ibu hamil yang sering makan makanan berlemak atau pedas akang menyebabkan kondisi tersebut dan terlalu banyak asupan kafein juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Bagi Anda yang mengalami kondisi perut kembung saat hamil sebaiknya jangan dulu panik dan membuat Anda stres. Ada baiknya jika Anda mengatur pola makan serta kesehatan anda selama kehamilan untuk menjaga kondisi tubuh serta janin Anda dan jangan lupa untuk rutin berkonsulltasi dengan dokter Anda untuk menanykan lebih lanjut terkait kehamilan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY