Penyebab Pori-pori Wajah Wanita Besar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pori-pori besar seringkali dikeluhkan, pori-pori yang besar bukan hanya memicu komedo dan jerawat, tapi juga dapat mengurangi rasa percaya diri saat kencan. Berbagai perawatan mahal pun dilakukan untuk membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Namun faktanya, pori-pori tak bisa dibuat lebih kecil dan hal yang bisa dilakukan hanya membersihkannya. Termasuk, menghindari pencetus yang membuat pori-pori kotor dan terlihat besar. Lalu, hal apa saja yang membuat pori-pori kulit terlihat lebih besar?

  1. Produksi Minyak Berlebih. Betul, minyak sangatlah berguna untuk kulit karena dapat menjadi pelembap kulit secara alami dan mencegahnya dari kekeringan. Setiap kulit pun memiliki kelenjar minyak, namun apabila produksi minyak sudah berlebihan, dan ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini menyebabkan pori-pori akan tersumbat dan minyak tidak bisa keluar secara alami yang berakibat pada ‘pembengkakan’ ukuran pori-pori.
  2. Kotoran. Sisa riasan, sel kulit mati serta paparan debu akan dengan mudah menyumbat pori-pori Anda. Hal ini terjadi setiap hari. Untuk itu, wajib hukumnya membersihkan wajah sebelum tidur.
  3. Lalai Membersihkan Wajah. Tidak hanya sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Lalai membersihkan wajah setiap harinya pun menjadi salah satu penyebab pori-pori di wajah membesar. Kotoran seperti sisa makeup, dan debu yang belum terangkat dapat menempel dan bersarang dalam pori-pori.
  4. Pertumbuhan bakteri. Bakteri yang tumbuh ini memicu munculnya komedo. Bintik putih atau kehitaman juga akan membuat pori-pori terlihat besar.
  5. Lupa Memakai Tabir Surya. Mungkin dari Anda sudah mengetahui manfaat vitamin D dari  sinar matahari pagi. Namun saat sudah melebihi pukul 09:00 atau 10:00 pagi, sinar matahari akan berubah menjadi berbahaya untuk kulit. Pancaran sinar matahari siang dapat memperlemah kolagen yang mampu menjaga kekencangan pori-pori. Jangan lupa gunakan tabir surya yang mampu melindungi kulit wajah setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas.
  6. Pernah Memiliki Jerawat Sejak Remaja. Ini adalah alasan yang paling sering dialami. “Menjaga kebersihan kulit seharusnya sudah sejak remaja karena kelenjar sebaceous yang membesar akan sulit menyusut dengan baik, bahkan ketika tidak menghasilkan banyak minyak lagi,” jelas Profesor klinis dermatologi di New York University Langone Medical Center, Elizabeth Hale, MD.
  7. Penggunaan Make Up Sejak Remaja. Ide untuk menyembunyikan jerawat dengan make up benar-benar akan membesarkan pori-pori. Menurut Hale, bahan kimia dalam bedak itu akan menempel pada wajah selama berjam-jam dan memicu jerawat hingga menyebabkan pori-pori yang membesar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY