Penyebab Prostatitis Pada Pria

SehatFresh.com – Prostatitis adalah inflamasi atau pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat merupakan organ yang memproduksi cairan putih yang menyertai sperma. Kondisi ini bisa terjadi pada semua laki-laki dari segala usia (umumnya yang berusia 50 tahun ke bawah), berbeda dengan penyakit prostat lainnya yang cenderung dialami oleh pria lanjut usia.

Penyakit prostat terutama prostatitis yang sangat umum dialami oleh pria ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Setelah diketahui penyebabnya, maka sebisa mungkin harus dilakukan upaya pencegahan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab prostatitis yang umum di jumpai pada pria :

  • Minum alkohol

Pasien prostatitis tidak boleh minum alkohol, tetapi berlaku juga bagi laki-laki yang sehat, karena minum berlebihan dapat merusak kemampuan resistensi yang membuat pria kekurangan vitamin. Banyak minum alkohol juga dapat mengurangi kemampuan resistensi saluran pernapasan, kerusakan hati dan ginjal, menyebabkan anemia, dan membuat kelenjar prostat mudah diserang oleh bakteri dan virus.

  • Duduk lama

Duduk dalam waktu lama menjadi penyebab utama dari prostatitis. Duduk dapat memperlambat sirkulasi darah prostat dan membuat kemacetan kelenjar prostat.  Jika laki-laki harus tetap duduk untuk waktu yang lama karena pekerjaannya atau alasan lain, tidak ada keraguan bahwa itu sangat memengaruhi prostatitis. Jika ingin jauh dari itu, akan lebih baik untuk mengubah posisi dan berjalan sedikit setiap jam.

  • Naik motor

Naik motor adalah faktor ketiga penyakit ini. Karena tekanan yang disebabkan oleh naik motor lebih parah daripada duduk, naik motor mempermudah macetnya kelenjar prostat dan memengaruhi bakteri. Jika Anda adalah seorang pengendara, Anda harus berjalan setiap beberapa saat.

  • Seringnya masturbasi

Masturbasi merupakan perilaku seks untuk kesenangan diri sendiri. Jika dilakukan oleh pria, maka akan mengakibatkan hyperaemia. Setelah pulih, akan terjadi hyperemia kembali, jika terus-terusan akan terjadi peradangan.

  • Kehidupan seks yang tidak bersih

Kebiasaan hidup pria memberi pengaruh yang besar dalam kehidupannya harus menghindari kehidupan seks yang tidak bersih, karena akan menyebabkan infeksi jamur yang akan menjadi radang prostat. Begitu terkena penyakit ini, akan sulit untuk disembuhkan.

Terdapat beberapa kondisi yang diduga bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami prostatitis. Di antaranya meliputi:

  • Usia. Prostatitis lebih sering terjadi pada remaja atau lansia.
  • Mengalami infeksi kandung atau saluran kemih.
  • Pernah mengalami prostatitis sebelumnya.
  • Mengidap cedera pada panggul.
  • Mengalami dehidrasi.
  • Memiliki struktur saluran kemih yang tidak normal.
  • Melakukan hubungan seks anal.

Dengan demikian para pria dihimbau untuk dapat mengetahui gejala yang ditimbulkan. Jika sudah terlanjur melakukannya mulailah ubah pola hidup Anda.

Sumber gambar : www.wisegeekhealth.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY