Penyebab Radang Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Radang porstat atau prostatitis adalah inflamasi atau pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah organ yang memproduksi cairan putih yang menyertai sperma. Kondisi ini bisa terjadi pada semua laki-laki dari segala usia, tetapi umumnya yang mengalami ini berusia 50 tahun ke bawah, berbeda dengan penyakit prostat lainnya yang cenderung dialami oleh pria lanjut usia.

Radang prostat dapat disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga membuat prostat menjadi meradang dan membengkak. Di saat itulah umumnya penderita merasakan sakit yang luar biasa. Kelompok yang paling umum mengalami penyakit radang prostat adalah kaum pria yang berulang kali mengalami radang saluran kemih. Radang porstat disebabkan oleh beberapa bakteri, bakteri penyebab radang ini diantaranya adalah bakteri Escherichia coli, bakteri Klebsiella, Enterobakteri, Pseudomonas, Streptokokkus, dan Stafilokokkus.

Prostatitis bisa berkembang secara bertahap (kronis) atau muncul secara tiba-tiba (akut). Prostatitis kronis merupakan jenis yang paling banyak terjadi. Jenis ini umumnya berkembang dan kambuh dalam beberapa bulan. Sementara prostatitis akut biasanya akan menyebabkan gejala yang parah dan serius sehingga membutuhkan penanganan darurat.

Prostatitis akut bisa dipicu oleh infeksi akibat bakteri yang masuk ke prostat melalui saluran kemih. Sedangkan prostatitis kronis terkadang bisa terjadi jika langkah pengobatan prostatitis akut tidak berhasil membasmi seluruh bakteri. Akibatnya, bakteri masih ada yang tersisa dalam prostat dan memicu kekambuhan. Inflamasi prostat dianggap kronis apabila tidak kunjung sembuh total selama lebih dari 12 minggu.

Di samping infeksi, prostatitis kronis juga bisa dipicu oleh faktor-faktor lain. Contohnya adalah gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh atau sistem saraf, serta cedera pada kelenjar prostat atau bagian di sekitarnya.

Meskipun begitu ada juga faktor lain yang menjadi penyebab dari prostatitis, penyebab itu antara lain adalah:

  • Kemacetan prostat. Kemacetan salah satu penyebabnya penyakit radang porstat, kemacetan pasif merupakan faktor patogen penting. Penyakit ini biasanya bukan karena infeksi atau mikroba patogen lainnya yang menyerang.
  • Stimulasi urin. Urin mengandung banyak bahan kimia yang bersifat basa. Ketika gangguan saraf endokrin lokal meningkatnya tekanan dan uretra setelah pintu prostat rusak akan membuat rangsangan kimia seperti nyeri saat buang air ke kecil.
  • Gangguan pada sistem saraf. Pada sistem saraf bagian prostat mengalami gangguan atau kemacetan pada saraf sehingga menyebabkan prostatitis.
  • Kekebalan tubuh yang rendah. Salah stu penyebab radang porstat adalah karena virus dan infeksi, maka jika kekebalan tubuh rendah maka virus-virus tersebut akan mudah menyerang tubuh.
  • Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya.

Keadaan radang porstat akan sangat menyulitkan Anda terutama bagi pria karea adanya radang porstat dapat membuat Anda mengalami sakit pada saat ejakulasi dan mengalami penurunan fungsi seksual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY