Penyebab Radang Tenggorokan saat Puasa pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di bulan suci yang penuh berkah ini rasanya kita ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan dan gangguan. Namun jika menu makanan kita di bulan Ramadhan ini tidak sehat maka penyakit pun mudah datang menghampiri kita, salah satu contohnya yaitu penyakit radang tenggorokan atau sakit tenggorokan biasa tapi tidak diobati dan berubah menjadi radang tenggorokan.

Radang tenggorokan atau istilah medisnya dikenal dengan sebutan Faringitis adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan di mana terjadi peradangan atau inflamasi pada tenggorokan atau hulu kerongkongan (pharynx), radang ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus karena daya tahan tubuh yang lemah. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, meradang, dan terasa sakit. Jenis penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan (diobati) karena jika tidak bisa menimbulkan komplikasi seperti radang ginjal dan demam rematik.

Puasa bukanlah penyebab utama terjadinya kering pada tenggorokan. Ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai penyebab tenggorokan kering saat berpuasa.

Penyebab tenggorokan kering adalah dehidrasi atau kurangnya cairan yang masuk ke tubuh. Alergi yang disebabkan dari makanan ataupun alergi yang disebabkan karena keadaan lingkungan. Setelah merokok sebaiknya minum air putih, karena rokok dapat menyebabkan mulut menjadi kering hingga tenggorokan. Infeksi bisa terjadi karena pembengkakan pada tenggorokan atau biasa disebut dengan radang.

Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus, kemungkinan orang yang mengalami radang tenggorokan sudah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri streptococcus sebaiknya segera diperiksa ke dokter, karena jika tidak ditangani secara serius, infeksi ini dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit demam rhematik. Ciri-ciri atau gejalanya: sakit saat menelan, kelenjar leher membengkak, bagian tenggorokan berwarna merah cerah dan terdapat cairan bercak putih, serta suhu badan meningkat atau demam yang seringkali disertai dengan menggigil.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya tergolong lebih ringan, tetapi jika melakukan pengobatan dengan antibiotik saja tidak efektif jika infeksinya disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik. Ciri-ciri atau gejalanya: Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan; Batuk dan bersin yang menyebabkan suara menjadi serak; biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY