Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut merupakan salah satu aset penting untuk menunjang penampilan seorang wanita. Apalagi rambut diibaratkan sebagai mahkota seorang wanita yang sangat berharga. Jadi kita harus merawat rambut agar mahkota kita tetap terlihat indah.

Namun dalam perawatan rambut, wanita sering menemui permasalahan pada rambutnya. Salah satu masalah rambut yang sering dialami wanita adalah rambut bercabang. Rambut yang bercabang biasanya akan tampak membelah menjadi dua atau lebih bagian. Tentunya rambut bercabang sangat mengganggu penampilan rambut anda.

Masalah rambut bercabang timbul karena perawatan rambut yang salah. Namun tidak hanya itu, ada beberapa penyebab lain yang membuat rambut anda bercabang, diantaranya:

  1. Faktor Usia

Setiap tahun pasti rambut anda akan bertambah panjang. Maka semakin panjang rambut anda dipastikan rambut anda juga semakin tua, seperti halnya manusia jika usianya bertambah maka semakin tua. Rambut yang semakin panjang dan dirawat dengan cara yang kurang tepat dapat menyebabkan rambut bercabang.

  1. Penggunaan Alat Penata Rambut dan Bahan Kimia

Panas yang dihasilkan dari alat-alat penata rambut membuat rambut anda rusak karena kadar panas yang terlalu tinggi dari alat tersebut. Selain panas yang dihasilkan oleh alat tersebut, penggunaan obat-obatan kimia untuk merawat rambut seperti hair spray juga merupakan penyebab rambut anda bercabang.

  1. Cuaca

Pengaruh cuaca menyebabkan batang rambut menjadi robek seperti benang rajut. Ketika anda terlalu lama beraktivitas di luar dan rambut terpapar oleh cuaca panas, rambut anda akan menjadi kering dan mudah rusak karena terkena sinar matahari langsung. Begitu juga ketika cuaca dingin, angin yang berhembus membuat rambut menjadi kusut dan sulit disisir, sehingga rambut anda bercabang.

  1. Kurang Nutrisi

Kurangnya nutrisi pada rambut dapat menyebabkan kutikula rambut mengalami kerusakan. Akibatnya rambut tidak dapat melindungi dirinya sendiri, sehingga rambut anda akan rusak.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Jika rambut bercabang yang anda alami dibiarkan terlalu lama maka akan bertambah rusak. Untuk mengatasinya anda dapat mengikuti beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut bercabang :

  • Gunakan shampo yang mengandung vitamin atau nutrisi seperti shampo telur atau yang mengandung shampo sari alpukat.
  • Lakukan creambath atau masker rambut minimal seminggu sekali karena rambut yang bercabang mengalami kerapuhan dalam batang rambut.
  • Gunakan vitamin rambut untuk mengembalikan elastisitas rambut

Lakukan pengguntingan pada ujung-ujung rambut yang bercabang secara rutin. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY