Penyebab Rasa Gatal di Telinga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telinga merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai indra pendengaran. Setiap orang terkadang sering merasakan gatal dan tidak sedikit dari orang yang merasakan gatal di telinga mengorek telinganya. Rasa gatal pada telingan disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, antara lain:

  1. Infeksi bakteri setelah berenang

Bagi anda yang menyukai olahraga renang, pasti anda sering merasakan dimana telinga anda kemasukan air, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi yang mengakibatkan rasa gatal pada telinga. Apabila anda mengalami hal ini sebaiknya anda segara membersihkan telinga agar tetap kering dan tidak lembab.

  1. Kondisi telinga yang kotor

Kotoran yang ada di dalam telinga memiliki manfaat baik bagi tubuh untuk menangkan kuman yang masuk dalam telinga. Apabila kondisi telinga yang terlalu kotor dan tidak bersih akan mengakibatkan penumpukan kotoran, akan tetapi jika anda sering membersihkan kotoran pada telinga juga bukanlah suatu hal baik. Terlalu sring membersihkan telinga dapat mengakibatkan infeksi, rasa gatal, nyeri dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Pemakaian headet dan alat lainnya

Jika anda terbiasa menggunakan headset dalam waktu yang cukup lama ternyata tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pada telinga akan tetapi dapat memicu rasa gatal pa telinga yang membuat anda tidak nyaman. Hal ini terjadi karena adanya alergi terhadap plastik dari headset.

  1. Alergi debu

Rasa gatal pada telinga dapat disebabkan oleh butiran debu dan serbuk sari tanaman yang masuk ke dalam telinga. Hal ini dikarenakan oleh masuknya partikel ke dalam telinga melalui udara, kondisi ini terkadang disebut sindrom alergi oral.

  1. Rhinitis

Apabila anda mengalami rasa gatal pada telinga waspadai penyakit rhinitis. Rhinitis adalah suatu kondisi peradangan pada lapisan rongga hidung yang dapat bersifat musiman ataupun terjadi secara terus-menerus. Kondisi ini terjadinya pada saat terjadinya reaksi antara sistem kekebalan tubuh terhadap benda asing alergen yang disertai dengan pengeluaran histamin. Kondisi ini ditandai disertai dengan munculnya tanda-tanda berupa besin, hidung berair, rasa garal pada telinga dan tenggorokan.

  1. Kulit kering

Kondisi kulit telinga yang kering akan memicu rasa gatal yang disertai pengelupasan kulit di dalam telinga yang disebabkan oleh kurangnya produksi kotoran yang tidak cukup berperan sebagai pelumas.

  1. Telinga kemasukan serangga

Apabila anda sering merasakan gatal pada telinga sebaiknya anda cek apakah di dalam telinga anda terdapat serangga atau benda lain yang masuk.

  1. Psikologi

Kondisi psikologis seperti trauma, stress, atau depresi dapat memicu rasa gatal pada telinga.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah suatu kondisi kulit yang bersifat kronis (jangka panjang) dengan tanda gejala berupa penebalan kulit, ruam, kulit mengelupas dan bersisik. Perkembangan sel kulit pada pasien psoriasis terjadi begitu cepat yang mengakibatkan penumpukan dan rasa gatal. Penyakit ini dapat terjadi pada seseorang yang berusia 15-35 tahun dan sangat jarang sekali terjadi pada seseorang yang berusia >50 tahun.

  1. Dermatitis saluran telinga

Peradangan pada kondisi dermatitis kulit telinga akan memicu rasa gatal pada seseorang yang mengalaminya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here