Penyebab Remaja Mengalami Rasa Lelah Berkepanjangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja selalu ingin mencoba hal-hal yang baru untuk mencari jati dirinya, pada saat muncul rasa penasaran pada dirinya maka segala sesuatu dia korbankan demi mendapatkan keinginannya. Pada masa remaja  banyak hal yang ingin dilakukannya. Akibatnya tidak heran apabila remaja terkadang merasa lelah. Namun apa yang terjadi apabila rasa lelah itu muncul dalam waktu yang lama dan terus-menerus? Apa penyebab rasa lelah yang berkepanjangan tersebut?

  1. Depresi

Rasa lelah yang berkepanjangan ditimbulkan karena anda mengalami depresi. Hilangnya nafsu makan, kesedihan dan tidak bisa menemukan hal-hal yang membuat anda senang merupakan suatu tanda anda mengalami depresi.

  1. Gangguan jantung

Apabila anda mengalami lelah yang berkepanjangan yang disertai dengan sesak nafas perlu anda waspadai. Kemungkinan hal tersebut karena anda mengalami gangguan jantung seperti kardiomiopati. Kardiomiopati merupakan suatu penyakit jantung dimana terjadinya pertumbuhan yang berlebihan dari oto jantung.

  1. Anemia

Menurut Sandra Fryhofer, MD, dari Emory University menyatakan bahwa kelelahan yag berkepanjangan disebabkan oleh penyakit anemia. Penyakit anemia bisa ditangani dengan banyak mengkonsumsi daging dan sayuran hijau seperti kankung, kacang-kacangan, bayam, dan lain sebagainya. Pemberian suplemen tanmbah darah diberikan apabila seseorang mengalami defisiensi zat besi kronis.

  1. Mengalami sleep apnea

Saat anda merasakan lelah dan sering mengantuk disiang hari kemungkinan anda mengalami gangguan tidur. Apabila anda mendengkur pada saat tidur, sebaiknya anda melakukan tes tidur untuk mengetahui kemungkinan terjadinya sleep apnea. Sleep apnea adalah suatu kondisi dimana nafas berhenti pada saat tidur.

  1. Memiliki masalah kelenjar tiroid

Aktif atau tidak aktifnya kelenjar tiroid akan mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh. Apabila anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan dan cenderung lesu, hal tersebut mengarah pada kelenjar tiroid anda mengalami masalah.

  1. Dipengaruhi oleh makanan

Rasa lelah yang muncul selain kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia. Mengkonsumsi makanan seperti makanan yang banyak mengandung gula dan kafein dapat menjadi suatu masalah terjadinya rasa lelah yang berkepanjangan. Pada dasarnya kafein dan gula hanya akan membuat anda semakin lemas dan malas-malasan. Selain itu mengkonsumsi jenis bahan makanan tersebut dapat menimbulkan resiko yang dapat mempengaruhi kesehatan.

  1. Diabetes

Apabila anda merasa kelelaha, pandangan kabur dan sering BAK sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kadar gula dalam darah bisa saja hal tersebut kondisi yang mengarah pada penyakit diabetes.Penyakit diabetes yang tidak terkontrol akan menyebabkan energi pada tubuh anda terkuras dengan cepat. Sehingga hal ini merupakan salah satu penyebab lelah yang berkepanjangan.

  1. Tidur

Pola istirahat atau pola tidur sangat mempengaruhi performa dan energi pada esok hari. Kurang tidur akan mempengaruhi mood, respon, kreatifitas dan rasa lelah.

Setelah anda mengetahui 8 penyebab yang dapat mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan, sebaiknya anda selalu menjaga kesehatan, pola istirahat, nutrisi dan gaya hidup anda. Selain itu, anda harus meminimalisir beban fikiran yang sedang anda hadapi. So, sebaiknya apapun yang terjadi lebih baik di bawa happy dan senantiasa mensyukuri atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita, agar beban fikiran yang sedang kita alami menjadi lebih berkurang. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi resiko terjadinya depresi. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here