Penyebab Rhinitis pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak juga termasuk golongan yang bisa terkena penyakit Rhinitis, berdasarkan faktor risiko, yang salah satunya adalah faktor keturunan maka ada baiknya Anda mulai memperhatikan anak Anda agar tidak terkena penyakit ini.

Apakah anak Anda menjadi sering bersin dan mengalami hidung gatal? Apakah dia mengeluh gatal dan mata berair juga? Jika anak Anda memilikki ciri-ciri seperti diatas maka mungkin ia menderita Rhinitis.

Rhinitis adalah peradangan dan iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung. Secara garis besar rhinitis dibagi menjadi dua, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi. Walaupun rinitis alergi bisa mengenai semua umur namun paling sering terjadi pada usia remaja atau dewasa muda.Meskipun bukan penyakit yang mengancam jiwa, gejala yang timbul dapat mengganggu aktivitas anak.

Gejala rhinitis pada anak bervariasi dari ringan sampai berat.Beberapa gejala rinitis alergi umum pada anak-anak adalah pilek atau hidung tersumbat, bersin sering, telinga seperti tersumbat, mata berair atau mata gatal, tenggorokan gatal, telinga kanal,atau sinus, sakit kepala, nasal drainase, batuk, sesak napas.

Rhinitis pada anak-anak dapat terjadi ketika pembuluh darah di hidung melebar sehingga pembengkakan dan kemacetan hidung. Rhinitis bisa disebabkan oleh alergi terhadap unsur seperti debu, kelupasan kulit hewan tertentu, dan serbuk sari. Sedangkan rhinitis nonalergi tidak disebabkan oleh alergi tapi kondisi seperti infeksi virus dan bakteri.

Selain penyebab diatas ada banyak penyebab rhinitis lainnya, meliputi:

  • Cuaca yang kering
  • Irritants di lingkungan. Yang dapat berbentuk seperti asap, serbuk sari, atau bau
  • Obat tertentu seperti ibuprofen atau aspirin
  • Makanan yang pedas atau minuman yang panas
  • Stres emosional

Anda yang telah mengetahui beberapa penyebab yang dapat menyebabkan Rhiniis pada anak Anda sebaiknya melakukan pencegahan agar si kecil tidak terkena Rhinitis, beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah seperti pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik agar udara yang dihirup anak adalah udara yang sehat, jauhi anak dari Irritants lingkungan, misalnya seperti saat Anda berjalan-jalan ditaman bersama anak jangan biarkan anak menghirup serbuk sari dari bunga, jangan memberikan makanan yang pedas dan minuman yang panas, Jangan mengelap permukaan barang dengan kain lap kering karena bisa menyebarkan alergen, tapi gunakanlah kain lap bersih yang lembap untuk membersihkan debu, dan yang terpenting adalah menjauhi anakd ari sumber Rhinitis tersebut.

Namun jika Anak Anda ternyata telah menderita Rhinitis dan begitu dokter menegaskan bahwa anak Anda menderita rhinitis, maka akan merekomendasikan metode yang tepat untuk pengobatan anak agar anak mendapatkan bantuan medis yang dapat menyelamatkannya dari ketidaknyamanan. Jika Anda Rhinitis tidak diobati, maka dapat memperburuk kondisi anak dan menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih parah seperti timbulnya penyakit asma. Ada banyak cara untuk mengobati rhinitis pada anak-anak. Ada beberapa metode populer pengobatan untuk menyembuhkan rhinitis pada anak-anak, seperti: Over-The-Counter Obat yaitu dengan menggunakan obat, kemudian resep yaitu mengganti obat lainnya karena anak alergi dengan obat sebelumnya atau dengan kondisi lainnya dan selanjutnya adalah bisa menggunakan bedah pilihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY