Penyebab Sakit Kepala di Dasar Tengkorak Sebelum Orgasme

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Coital Cephalgia adalah serangan sakit kepala yang terjadi di dasar tengkorak sebelum orgasme selama melakukan aktivitas seksual (termasuk masturbasi). Dikenal juga dengan istilah orgasmic cephalgia, orgasmic headache, sex-related headached, sexual headaches atau primary headache with sexual activity (HSA). Coital cephalgia umumnya lebih sering diderita oleh kalangan pria, terutama di usia aktif bercinta 20-25 tahun dan usia mendekati paruh baya sekitar 40 tahunan.

Gangguan ini bisa terjadi pada beberapa pria yang memiliki faktor-faktor risiko tinggi seperti berat badan berlebih atau obesitas. Pria dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, memiliki riwayatmigrain, sering melakukan hubungan seksual dengan posisi berlutut, penggunaan amfetamin, dan pria yang sedang menjalani terapi disfungsi ereksi. Gara-gara rasa tak nyaman ini, banyak pria terpaksa menolak untuk melakukan hubungan seks. Bahkan, rasa sakit ini memberikan trauma bagi sebagian pria.

Pria yang mengalami Coital Cephalgia seringkali menunjukkan rasa sakit kepala berkaitan dengan aitivitas seksual yang dilakukannya. Rasa sakit seringkali muncul dari dasar tengkorak. Kemudian menjalar ke bagian depan. Sering kali rasa sakit ini timbul secara tiba-tiba. Atau bisa juga secara perlahan-lahan, kemudian memburuk selama aktivitas seksual atau masturbasi. Rasa sakit muncul hampir berbarengan dengan orgasme.

Banyak hal yang memicu terjadinya sakit kepala saat berhubungan seks. Seks dapat meningkatkan tekanan darah yang memicu terjadinya tekanan pada kepala. Hubungan intim juga menyebabkan ketegangan otot di sekitar kepala menadi ketat. Selain itu, seks juga menyebabkan pengetatan dan ketegangan otot. Kombinasi keduanya diduga menyebabkan coital cephalgia.

Berbahayakah Coital Cephalgia? Pada banyak kasus, gangguan ini memang belum terekam sebagai gangguan medis yang cukup membahayakan. Namun, dalam beberapa kasus, Coital Cephalgia menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lain yang sangat berbahaya.

Pada umumnya, pengobatan coital cephalgia, dokter akan berkonsentrasi pada factor pemicu yang melatarbelakangi serangan pusing ini, seperti hpertensi, perdarahan otak, strok, gangguan endoktrin, tumor, atau yang lainnya. Selain itu, untuk membantu mengurangi rasa sakit kepala dapat diberikan pengobatan seperti sakit kepala lainnya, melakukan kompres dingin dan berbaring di tempat yang tenang dan gelap. Menjalani terapi relaksasi walaupun kurang didukung oleh evidance base, dapat membantu mengatasi coital cephalgia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY