Penyebab Selulit Pada Wanita

SehatFresh.com – Hampir sebagian besar wanita memiliki selulit di tubuhnya. Selulit diperkirakan terjadi pada lebih dari 85% wanita. Selulit merupakan guratan-guratan kulit kecil yang disebabkan terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Selulit umumnya berbentuk seperti kulit jeruk. Guratan seperti kulit jeruk itu biasanya timbul di paha, pinggir paha, sekitar selangkangan paha, bokong, perut, dan pada orang gemuk biasanya terdapat di sekitar lipatan kulit belakang lutut. Pada wanita yang sudah tua, guratan seringkali tampak seperti ulat harus berwarna kehijauan atau kemerahan.

Penyebab utama timbulnya selulit pada tubuh itu karena timbunan lemak. Meski wanita dengan berat badan rendah juga mampu mengembangkan selulit, mereka dengan berat badan berlebih lebih besar kemungkinannya memiliki selulit yang lebih banyak dan lebih terlihat. Berat badan berlebih membuat tekanan lebih ditempatkan pada serat kolagen yang menghubungkan kulit ke otot. Serat kolagen yang mulai merenggang membuat lapisan yang mendasari lemak menjadi menonjol keluar dan menyebabkan selulit.

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan selulit pada tubuh, diantaranya:

  • Faktor hormon
    Faktor hormon, seperti estrogen, insulin, noradrenalin, hormon tiroid, dan prolaktin disinyalir cukup berpengaruh terhadap adanya selulit. Peningkatan kadar estrogen sesaat sebelum hamil juga bisa memengaruhi timbulnya selulit.
  • Faktor genetik
    Selulit terbentuk karena sel-sel lemak mendorong permukaan kulit bertolak belakang dengan serat kolagen yang menjaga kulit. Faktor genetika merupakan salah satu faktor yang memengaruhi struktur kulit dasar, elastisitas kulit, dan kecenderungan untuk mendapatkan berat badan. Semua hal tersebut tersebut berkaitan dengan selulit.
  • Gaya hidup
    Mungkin hanya sebagian kecil orang yang mengetahui jika memiliki gaya hidup yang tidak baik bisa menyebabkan selulit. Terlalu lama duduk atau berdiri dengan posisi yang sama pada jangka waktu lama bisa menyebabkan selulit. Selain itu, wanita yang menjadi perokok juga berpotensi memiliki selulit yang lebih terlihat pada tubuhnya.
  • Faktor makanan
    Makanan juga ternyata memengaruhi timbulnya selulit di tubuh. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, karbohidrat, garam, dan sedikit serat seperti fast food dan kue-kue manis, berpotensi menimbulkan selulit. Untuk mencegah timbulnya selulit, tingkatkanlah konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat.
  • Penuaan
    Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit juga akan kehilangan elastisitasnya. Hal ini mengakibatkan kulit mengalami pengenduran di area tertentu sehingga cairan dan lemak menjadi menumpuk pada area seperti bokong atau daerah sekitar mata.
  • Pakaian
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pakaian juga ternyata bisa menimbulkan selulit di tubuh. Pakaian dalam yang ketat dapat menekan pembuluh darah di sekitar bokong sehingga menimbulkan selulit. Maka dari itu, alangkah baiknya menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat agar terhindar dari masalah selulit.

Sumber gambar : www.wanista.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY