Penyebab Sembelit saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan puasa memang ditunggu oleh banyak orang, salah satu alasannya karena banyak penjual makanan yang menggiurkan menjelang berbuka puasa. Bagi umat muslim sendiri, puasa ditunggu karena ingin mendapat pahala yang berlipat ganda dan juga karena puasa menyehatkan tubuh dan pikiran.

Namun di balik semua manfaat berpuasa, Anda harus berhati hati terkena gangguan pencernaan, atau lebih dikenal dengan sembelit (susah BAB). Bagi sebagian orang, Buang Air Besar (BAB) sudah menjadi ritual tiap pagi sebelum memulai aktivitas. Tapi karena jadwal pola makan berubah saat puasa, BAB pun menjadi tidak rutin.

Sembelit menjadi salah satu masalah yang sering terjadi saat seseorang sedang berpuasa. Hal itu kemudian membuat kita bertanya-tanya, kenapa banyak orang yang mengalami sembelit saat puasa. Apa saja faktor penyebab sembelit saat puasa? Padahal seharusnya puasa membuat seseorang menjadi lebih sehat.

Sebenarnya, sembelit terjadi karena pola hidup yang dijalankan oleh orang yang sedang berpuasa. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab sembelit saat puasa :

  • Kekurangan Cairan. Menjalankan ibadah puasa membuat seseorang menahan lapar dan hausnya selama beberapa jam. Tapi hal itu tidak berarti bahwa harus kekurangan cairan dalam tubuhnya. Saat sedang berpuasa, Anda tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tubuh bisa bekerja dengan optimal. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan saat sahur, buka puasa, setelah Shalat Magrib dan Tarawih.
  • Kebutuhan Serat yang Tidak Terpenuhi. Selain mencukupi kebutuhan tenaga dari karbohidrat atau protein, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi serat saat sahur dan berbuka. Mencukupi kebutuhan serat akan membantu Anda untuk melancarkan buang air besar. Anda bisa mendapatkan manfaat serat dari apel, beras merah, bayam segar, pepaya dan apel.
  • Tidak Banyak Bergerak. Banyak orang yang malas bergerak saat berpuasa karena takut kehabisan energi. Padahal bergerak membuat metabolisme tubuh tetap aktif sehingga membuat pencernaan lancar. Anda tidak perlu melakukan gerakan yang menghabiskan energi, yang penting adalah Anda harus tetap aktif. Contohnya adalah jalan-jalan sore.
  • Mengkonsumsi Makanan Hasil Olahan atau yang Digoreng. Makanan hasil olahan seperti kue, roti dan mie serta gorengan adalah makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Hal ini karena makanan tersebut dapat menyebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh serta panas dalam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kedua jenis makanan tersebut dan memperbanyak sayuran dan buah.
  • Konsumsi Kalsium yang Terlalu Banyak. Konsumsi kalsium terlalu banyak yang tidak dibarengi dengan magnesium akan menyebabkan penumpukan kalsium dalam tubuh sehingga menyebabkan pencernaan terhambat dan sembelit. Saat Anda mengkonsumsi kalsium, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi magnesium agar kalsium tidak terlalu banyak diserap oleh ginjal.

Kebanyakan orang masih menyepelekan penyakit sembelit ini, padahal salah satu faktor pemicu terjadinya kanker usus adalah sembelit yang dibiarkan terus berlangsung. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memahami penyebab sembelit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY