Penyebab Seseorang Menderita Kekurangan Gizi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kekurangan gizi akan terjadi saat seseorang tidak mendapatkan nutrisi yang memadai dari makanan yang dikonsumsinya. Hal tersebut lantas mengakibatkan kerusakan pada organ vital, termasuk fungsi tubuh. Lantas apa sebenarnya penyebab seseorang mengalami kekurangan gizi?

Di negara-negara miskin dan berkembang, kekurangan makanan menjadi penyebab paling utama munculnya kekurangan gizi. Sementara itu di negara-negara maju seperti Amerika Serikat atau Inggris, penyebab kekurangan gizi bisa lebih bervariasi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penyebab-penyebab kekurangan gizi.

  1. Kekurangan makanan. Kondisi ini biasanya muncul dari kalangan dengan berpenghasilan rendah, termasuk tunawisma.
  2. Menderita penyakit yang kronis. Seseorang yang menderita penyakit tertentu dalam kurun waktu yang lama, juga bisa mengalami kekurangan gizi. Misalnya saja penyakit yang menyebabkan kesulitan untuk mengunyah makanan. Bisa juga pasien yang mengalami disfagia atau kesulitan menelan, juga memiliki resiko kekurangan gizi.
  3. Hilangnya nafsu makan. Kehilangan nafsu makan bisa diakibatkan oleh berbagai penyakit seperti tumor, kanker, hati, infeksi kronis, dan penyakit lainnya. Hilangnya nafsu makan akan berdampak buruk pada kekurangan gizi.
  4. Memiliki pengetahuan terbatas tentang gizi. Kalangan ini tentu saja tidak menerapkan menu makanan yang sehat, alhasil resiko kekurangan gizi sangat besar.
  5. Diet tidak sehat. Kecenderungan menjalani diet yang tidak sehat, tentu saja sangat beresiko bagi tubuh. Pasalnya asupan gizi bagi tubuh tidak maksimal karena kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.
  6. Orangtua atau orang cacat yang hidup sendirian. Orangtua atau orang cacat yang hidup sendirian, bisa saja akan mengalami kekurangan gizi. Hal itu disebabkan oleh konsumsi makanan yang ala kadarnya, karena keterbatasan kemampuan.
  7. Orangtua (di atas usia 65 tahun) yang menjalani perawatan. Golongan ini juga rentan mengalami gizi buruk. Akibat dari penyakit yang diderita, akhirnya mempengaruhi selera makan dan kemampuan menyerap nutrisi.
  8. Mengalami gangguan mental (gila). Seseorang yang mengalami gangguan mental, akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Orang tersebut bisa hidup sesuka hati, termasuk mengkonsumsi makanan-makanan sembarangan. Tentu saja kondisi itu dapat mengakibatkan kekurangan gizi.
  9. Pecandu alkohol atau pemakai narkoba. Pecandu alkohol kronis dan pemakai narkoba, bisa mengalami kekurangan gizi. Hal tersebut dikarenakan zat negatif yang masuk dalam tubuh, telah merusak susunan syaraf.
  10. Mengalami gangguan makan dan sakit pencernaan. Gangguan makan seperti anorexia nervosa juga bisa mengakibatkan kekurangan gizi. Selain itu penyakit pencernaan seperti ulcerative colitis, crohn atau malabsorption sindrom juga bisa menyebabkan gizi buruk bagi penderitanya.
  11. Pengaruh obat tertentu. Seseorang yang mengalami sakit kronis, biasanya harus mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Beberapa obat justru memiliki kecenderung untuk mengubah kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi, sehingga dapat mengambil menyebabkan kekurangan gizi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY