Penyebab Terjadinya Wanita Mengalami Kehamilan Kriptik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Denial of pregnancy atau kehamilan kriptik merupakan suatu kondisi dimana wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang dalam masa kehamilan. Kondisi kehamilan ini akan sulut terdeteksi baik secara medis (tes HCG dan tes darah) maupun menggunakan tes urine di rumah. Hasil dari pemeriksaan ini biasanya negatif sehingga seseorang dan dokter tidak dapat mendeteksi adanya kehamilan.

Penyebab utama terjadinya kehamilan kriptik dikarena perubahan hormon progesteron dan hormon etrogen dalam tubuh tidak seimbang sehingga hal tersebut menyebabkan ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Akan tetapi ada beberapa faktor penyebab lain terjadinya kehamilan kriptik, diantaranya sebagai berikut :

  1. Rendahnya kadar lemak dalam tubuh

Seorang wanita yang memiliki kada lemak pada tubuh terlalu rendah dapat beresiko terjadinya kehamilan kriptik pada wanita tersebut. menurut ahli menjelaskan bahwa rendahnya kadar lemak tubuh dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kehamilan sulit terdeteksi.

  1. Perimenopause

Perimenopause menjadi salah satu penyebab terjadinya kehamilan kriptik dimana anda saat hamil akan sulit terdeteksi. Hal ini disebabkan pada masa tersebut wanta akan mengalami masa transisi sebelum masa menopause yang membuat produksi hormon estrogen menjadi tidak stabil atau sering naik turun.

  1. Pengaruh kehamilan sebelumnya

Kehamilan kriptik yang membuat anda tidak menyadari sedang hamil dapat disebabkan oleh riwayat kehamilan sebelumnya dimana anda baru saja melahirkan. Hal ini terjadi karena wanita yang baru saja melahirkan masih dalam proses pemulihan hormon untuk menjadi stabil. Jadi apabila jarak kehamilan sekarang dan sebelumnya cukup dekat maka akan menyebabkan resiko terjadinya kehamilan kriptik.

  1. Stres berlebihan

Kondisi psikologi berupa stres dapat memicu terjadinya kehamilan kriptik. Jika seorang wanita mengalami stres maka akan terjadi perubahan hormon dimana saat terjadi kehamilan wanita tersebut tidak atau sulit menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS atau dikenal dengan sebutan sindrom ovarium polikistik merupakan suatu kondisi dimana terjadinya ketidakseimbangan hormon yang disebabkan kadar hormon testosteron dalam tubuh wanita lebih banyak. Kondisi ini menyebabkan timbulnya kista ovarium dan haid menjadi tidak teratur. Selain itu PCOS menjadi salah satu penyebab terjadinya kehamilan kriptik dimana seorang wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

  1. Penggunaan pil KB

Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi pil atau pil KB akan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuhnya yang mencegah seorang wanita tidak hamil. Akan tetapi pada beberapa kasus wanita yang menggunakan pil KB mengalami kehamilan yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi bersama dengan pil KB, muntah setelah minum pil KB, dan konsumsi pil KB tidak teratur. Wanita yang menggunakan pil KB akan merasa tidak percaya diri saat dirinya hamil, sehingga tanda gejala yang muncul tidak begitu jelas dan menyebabkan dirinya tidak sadar sedang hamil. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here