Penyebab Tubuh atau Tangan Bergetar Setelah Mengonsumsi Kopi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi orang banyak dan yang setiap harinya dicari serta dikonsumsi bagi penggemarnya. Bahkan ada yang menjadikannya menjadi menu sarapan rutin. Jadi sangat sulit bagi mereka yang gemar minum kopi untuk menjalani hari tanpa meminum secangkir kopi.

Bagi penggemar kopi, mungkin anda pernah sekali atau dua kali merasakan tubuh atau tangan yang gemetar setelah mengonsumsi kopi. Jika iya, anda pasti penasaran apakah kopi yang anda minum sebelumnya yang membuat tubuh atau tangan anda bergetar?

Dalam kadar tertentu kopi memang dapat menyebabkan tubuh atau tangan anda bergetar. Itu terjadi dikarenakan saat itu anda minum kopi dalam jumlah yang berlebihan sehingga mengakibatkan anda overdosis kafein salah satu zat yang terkandung dalam kopi dan berkontribusi dalam menyebabkan tubuh atau tangan anda bergetar setelah mengonsumsi kopi.

Pada dasarnya kafein dalam kopi ini berfungsi sebagai obat stimulan yang mana berfungsi untuk merangsan sistem saraf pusat dalam otak. Sistem saraf pusat adalah pusat perintah untuk semua fungsi yang ada pada tubuh. Saat anda overdosis kafein karena minum kopi berlebihan maka salah satu efeknya adalah tangan atau tubuh anda bergetar setelah mengonsumsi kopi. Namun, terkadang bagi beberapa orang ada yang bisa mengalama tubuh dan tangan bergetar walaupun hanya minum sedikit kopi.

Bergetarnya tubuh atau tangan setelah mengonsumsi kopi terjadi dikarenakan kafein yang anda minum dari kopi akan mengirimkan sebuah sinyal kepada sistem saraf pusat. Sinyal tersebut akan membuat kinerja sistem saraf pusat menjadi lebih keras. Oleh karena itu otot-otot dalam tubuh menjad berkontraksi dan bergerak di luar kendali anda atau yang biasa anda rasakan yaitu gemetar atau bergetar pada tangan dan tubuh.

Untuk mengetahui apakah gemetar yang anda rasakan memang dari overdosis kafein atau bukan, anda perlu mengetahui gejala yang ditimbulkan apabila overdosis kafein. Gejala yang dimunculkan biasanya berupa yang paling umum tangan atau tubuh bergetar dengan disertai sakit kepala, gelisah, mudah marah, sering buang air kecil, sakit perut serta jantung berdebar-debar.

Bagi anda yang sering mengalami tangan atau tubuh bergetar setelah minum kopi sebaiknya kurangi kadar minum kopi anda dalam sehari sehingga tidak overdosis. Misalnya anda biasa minum kopi sehari empat cangkir maka kurangi menjadi dua cangkir sehingga terhindar dari tubuh yang gemetar.

Anda juga jangan terlalu khawatir karena gemetar setelah minum kopi itu tidak membahayakan. Hanya saja jika gemetar tak kunjung berhenti selama berjam-jam maka anda perlu berhati-hati dan segera periksakan ke petugas kesehatan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here