Penyebab Wanita Mengalami Nyeri Saat Berhubungan Intim

SehatFresh.com – Berhubungan intim antara pasangan memang memiliki banyak manfaat, selain dapat mempererat hubungan, diketahui pula bahwa berhubungan intim dapat membuat awet muda. Namun, seorang wanita sering kali merasakan nyeri ketika berhubungan intim. Hal ini pasti sangat mengganggu.

Dispareunia merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menjelaskan rasa sakit saat bercinta yang berkaitan dengan faktor fisik maupun psikis. Bila Anda mengalami gangguan ini segeralah konsultasikan ke dokter guna mengetahui penyebabnya dan menentukan pengobatan yang tepat.

Apa saja yang bisa menyebabkan seorang wanita merasakan nyeri ketika berhubungan intim? Berikut penjelasannya :

  • Sakit sementara. Bila rasa sakit hanya terjadi sementara mungin berkaitan dengan siklus haid Anda. Bisa juga berhubungan dengan posisi bercinta Anda yang tidak nyaman atau disebabkan oleh hubungan personal yang renggang dengan pasangan.
  • Nyeri mendalam. Rasa sakit yang mendalam selama berhubungan seks bisa diakibatkan beberapa faktor, seperti fibroid, endometriosis, kanker, dan sindrom ovarium polisistik. Semakin awal diobati maka semakin besar kemungkinannya untuk sembuh. Maka segeralah hubungi dokter jika mengalaminya.
  • Vagina Kering. Pada dasarnya wanita memiliki pelumas alami dalam vagina. Pada wanita yang kadar estrogen rendah biasanya akan mengalami kekurangan pelumas vagina. Penurunan kadar estrogen ini biasa terjadi pada wanita hamil, memasuki menopause, dan dalam masa pengobatan kanker payudara. Kekeringan di vagina ini juga berkaitan dengn kondisi yang lebih serius seperti sindrom Sjogren, penyakit autoimun yang langka.
  • Pil KB. Pada sebagian orang munculnya rasa sakit saat berhubungan seks juga bisa diakibatkan penggunaan pil KB. Pil KB meningkatkan kadar hormon seks yang berikatan dengan globulin sehingga dapat mengikat testosteron bebas dan menyebabkan atrofi vagina. Untuk mengatasi sakit saat bercinta sebaiknya hentikan konsumsi pil atau melakukan pengobatan penyeimbangan kadar hormon.
  • Cidera atau iritasi. Terkait cedera atau iritasi yang terjadi pada wanita yang baru melakukan operasi panggul atau akibat kecelakaan, rasa sakit akan muncul saat penetrasi awal. Wanita yang baru saja menjalani episiotomi –penyayatan jaringan antara vagina dan anus saat melahirkan– juga akan merasakannya.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY