Penyebab yang Membuat Pria Tertidur Usai Berhubungan Intim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebutuhan seks menjadi kebutuhan yang penting bagi semua pasangan yang telah menikah. Kepuasan masing-masing pasangan dalam berhubungan intimpun berbeda-beda. Mungkin beberapa dari anda khususnya wanita pernah merasakan momen di saat gairah anda masih mengebu dan belum puas namun tiba-tiba pasangan anda sudah tertidur. Atau sebaliknya setelah anda dan suami sudah usai bercinta suami anda lebih cepat merasa ngantuk dan tertidur.

Kegiatan bercinta yang membuat pria mudah tertidur itu ada sebabnya dan sebabnya berasal dari aktivitas hubungan intim yang sebelumnya dilakukan dengan pasangannya. Lebih jelasnya lagi, berikut penyebab dari pria yang mudah tertidur setelah melakukan hubungan intim:

  1. Kelelahan

Seperti halnya setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Setelah melakukan hubungan intim, sewajarnya pria akan merasa kelelahan. Karena kelelahan maka membutuhkan istirahat sehingga pria istirahat dengan cara tidur.

  1. Terjadinya pengurangan aktivitas di area otak

Setelah pria mengalami orgasme akan mengalami pengurangan aktivitas di area otak khususnya di prefrontal cortex. Setelah itu, dua area di otak lainya meliputi cingulated cortex dan amygdala akan menghapus segala pikiran seksual pria. Saat itu akan terjadi peningkatan serotonin dan oksitosin di otak yang dapat memicu rasa kantuk pada pria.

  1. Kekurangan oksigen

Saat berhubungan intim otak atau pikiran pria akan didominasi oleh hal-hal seksual. Sehingga perhatian mereka pada pernapasan akan berkurang. Pria akan cenderung bernapas pendek-pendek dan beberapa saat menahan napas. Hal tersebut dapat mengurangi kadar oksigen yang menuju ke otak sehingga pria akan merasa ngantuk dan tidur setelah aktivitas seks tersebut.

  1. Adanya pelepasan hormon

Setelah aktivitas seks pria akan melepaskan beberapa hormon seperti prolakstin, oksitosin dan vasopressin yang berhubungan dengan seks dan tidur. Hormon-hormon tersebut berperan dalam perubahan ketegangan dan neurotransmiter.  Sehingga pria akan merasa ngantuk dan tertidur.

Itulah hal yang menyebabkan pria langsung tertidur setelah melakukan hubungan intim. Sebenarnya hal itu bisa saja terjadi pada wanita, tetapi kejadian ini lebih sering dialami oleh pria. Karena belum ada penelitian yang menyatakan tertidur setelah berhubungan seks pada wanita.

Mungkin akan merasa tidak menyenangkan bagi pihak wanita jika hal tersebut terjadi pada pasanganya. Karena wanita akan tetap terjaga disaat sang pria sudah tertidur. Namun, anda juga harus memakluminya karena pria bisa saja merasa kelelahan dan butuh istirahat karena hal itu wajar. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here