Peradangan Pada Tulang Sendi (Arthritis)

SehatFresh.com – Arthritis adalah peradangan pada sendi (titik di mana tulang bertemu) dalam satu atau lebih area tubuh. Ada lebih dari 100 jenis arthritis, yang penyebab dan metode pengobatannya berbeda-beda. Gejala-gejala arthritis biasanya muncul secara bertahap, tetapi juga dapat terjadi tiba-tiba. Arthritis paling sering terlihat pada orang dewasa di atas usia 65. Namun, anak-anak dan remaja juga tidak luput dari risiko penyakit ini.

Tulang rawan adalah jaringan ikat sendi yang menyerap tekanan dan goncangan diciptakan dari gerakan seperti berjalan dan berlari, serta melindungi sendi dan memungkinkan untuk gerakan halus. Beberapa bentuk arthritis disebabkan oleh berkurangnya jumlah normal jaringan tulang rawan ini. Osteoarthritis, salah satu bentuk yang paling umum dari arthritis, disebabkan oleh keausan normal sepanjang hidup. Kerusakan alami ini dapat diperburuk oleh infeksi atau cedera pada sendi. Risiko mengembangkan osteoarthritis mungkin lebih tinggi jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini.

Bentuk umum lain arthritis, yaitu rheumatoid arthritis, terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh. Serangan ini mempengaruhi sinovium, yang mengeluarkan cairan yang memelihara tulang rawan dan melumasi sendi. Rheumatoid arthritis akhirnya dapat menyebabkan kehancuran kedua tulang dan tulang rawan di dalam sendi. Penyebab pasti dari serangan sistem kekebalan tubuh belum ditemukan, tetapi para ilmuwan telah menemukan penanda genetik meningkatkan risiko mengembangkan rheumatoid arthritis hingga sepuluh kali lipat.

Gejala yang paling umum dari arthritis melibatkan sendi. Rasa sakit dan kekakuan sendi terutama di pagi hari merupakan tanda-tanda khasnya. Terkadang, juga disertai pembengkakan sendi. Anda juga mungkin mengalami penurunan rentang gerak sendi atau kemerahan pada kulit di sekitar sendi. Dalam kasus rheumatoid arthritis, Anda mungkin merasa lelah atau kehilangan nafsu makan karena peradangan yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh. Anda juga dapat menjadi anemia (mengalami penurunan sel darah merah) atau sedikit demam. Rheumatoid arthritis parah dapat menyebabkan deformitas sendi jika tidak segera ditangani.

Selain pengobatan secara medis, terapi fisik, perubahan gaya hidup yang mencakup peningkatan latihan fisik dan pola makan sehat memainkan peranan penting dalam pengobatan arthritis. Agar terhindar dari arthritis, rawatlah kesehatan sendi Anda sejak dini dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, menjaga berat badan tetap ideal serta pastikan tubuh memperoleh asupan nutrisi yang memadai.

Sumber gambar : www.kehidupankita.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY