Peran dan Hal yang Dapat Dilakukan Suami saat Istri Sedang Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua pasangan. Semua yang dirasakan seorang istri yang sedang hamil tidak akan begitu terasa jika memiliki suami yang ikut serta dalam setiap proses yang dijalaninya saat mengandung si buah hati. Tidak hanya perubahan pada tubuh saja yang semakin hari semakin membesar dan semakin gemuk, akan tetapi, rasa mual, mudah lelah, mudah sakit, kepala pusing dan lain-lain. Tidak hanya istri yang harus merasakan semua itu, karena Allah menitipkan amanat itu untuk kedua orang tuanya, yakni suami istri.

Terdapat beberapa peran suami terhadap istrinya yang sedang hamil, dalam hal peran suami memang menjadi peran utama yang dibutuhkan istri saat dalam masa kehamilannya, dimana seorang suami harus membuat istri merasa tentram dan damai jika berada didekatnya, hal-hal yang dapat dilakukan suami masih tetap penting untuk seorang istri sehingga akan berdampak pada keharnonisan rumah tangga mereka, karena akan  terciptanya buah cinta yang meraka harapkan. Menurut (Manuaba, 1999,hlm.99). seseorang wanita yang sedang hamil  jika mendapatkan suatu perhatian suami selama hamilnya akan menunju sedikit gejala emosi dan komplikaksi di dalam persalinannya. Menurut  Wijayami, ct al 2204. Hlm 128)

Dukungan yang diberikan seorang suami pada istrinya merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh istri. Dalam masa kehamilan bukan saja istri yang mengalami perubahan tetapi suamipun perlu memahami perubahan istrinya. dalam masa kehamilan ibu hamil mealami ketegangan, suami perlu memberikan kenyamannan agar kejiwaan isterinya  tetap stabil, tenang dan bahagia. Sebagai orang terdekat yang menjadi belahan jiwa bagi isteri, misalnya saling berdiskusi mengenai perkembangan yang terjadi selama kehamilan, bersama-sama mencari informasi mengenai kehamilan dan pendidikan anak dari media cetak, menemani isteri memeriksakan kehamilan (Dagun, 2002, hlm. 18).

Adapun peran atau keterlibatan suami saat istrinya sedang mengandung diantaranya yaitu:

  • Harus Selalu siap siaga pada saat istri membutuhkan

Jangan biarkan istri merasa kehilangan atau kesepian di saat istri membutuhkan bantuan anda. Jika  suami sedang sibuk di luar rumah pastikan agar handphone anda selalu aktif, agar tidak ada halangan saat istri anda membutuhkan anda. Ketika.

  • Harus Lebih menyayangi dan memperhatikan istri

selama masa kehamilan, seorang wanita sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari suaminya. Dan Lebih ingin diperhatikan dan sayangi..

  • Berikan kenyamanan dan ketentraman selama kehamilan

Kenyamanan hati, kenyamanan tempat, kenyamanan pikiran itu sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil. Karena ibu yang sedang hamil sangat sensitif dan ingin selalu di utamakan.

  • Membantu menjaga kesehatan istri dan calon bayinya

Dengan cara memperhatikan seorang istri yang sdang hamil meliputi asupan makanannya, vitaminnya, gizinya, susu yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi, memeriksakan kondisi kehamilannya ke dokter secara rutin.

  • Membantunya untuk meringankan pekerjaan rumah

Istri yang sedang hamil dianjurkan untuk banyak istirahat yang cukup, tidak di perkenankan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat . sebagai seorang suami salah satunya peran adalah membantu pekerjaan istri di rumah dalam segang waktu, agar pekerjaan rumah dapat dilakukan bersama-sama.

  • Dapat Mendengarkan segala keluhannya dan kelebihan istri

Selama kehamilan, pasti seorang istri akan mengalami hal-hal yang biasanya tidak ia rasakan, seperti tiba-tiba sakit pinggang, kepala yang mudah sakit, tidak  nafsu makan, mual, perut terasa sakit, itu adalah keluhan keluhan yang sering dialami ibu hamil, untuk sebab itu seorang suami harus pandai-pandai untuk berempati kepada istri terhadap keluhan nya dan mampu diajak untuk bercerita disetiap keluhan istri

  • Sering-sering berkomunikasi dengan calon bayinya

Seorang janin sudaah mampu untuk berkomunikasi di mulai dari kandunganmaka Sering-seringlah seorang suami mengajak calon baynya untuk berkomunikasi dengan cara mengelus perut istri, lalu mengajaknya berbicara, dan dapat juga di nyanyikan atau dibacakan ayat-ayat al-Quran bagi seorang muslim.

  • Belajar untuk berubah peran menjadi seorang

Untuk calon seorang suami disaat istrinya sudah menjelang hari perkiraannya harus belajar untuk menjadi seorang ayah, dimana seorang ayah yang mampu menggendong bayi, menggantikan popok, memijat bayi, dan memberikan kasih sayang pada bayinya

  • Mendampingi istri saat proses melahirkan

Jangan lewatkan setiap proses apapun yang dilewati istrimu, apa lagi di saat istri sudah dalam masa persalinannya, yang membutuhkan dukungan dan kasih sayang yang lebih untuk dapat memotivasinya. Tidak membedakan anak pertama atau anak ke dua karena proses persalinan adalah proses penghujung dimana seorang istri sangat merasakan dukungan keluarga atau suami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here