Peran Hormon Testosteron pada Kesehatan Seksual Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Testosteron merupakan salah satu jenis hormon seks yang terdapat pada pria dan sangat vital karena berkaitan dengan fungsi reproduksi dan seksual.

Ada dua fungsi utama dari testosteron, yaitu :

  1. Testosteron berfungsi untuk membentuk sekaligus menjaga organ seks pria dan membentuk karakteristik seksualitas sekunder pada pria seperti suara yang menjadi lebih berat serta pertumbuhan rambut pada daerah tertentu ketika menginjak masa pubertas. Oleh karena itu testosteron juga disebut hormon virilitas atau maskulin.
  2. Testosteron memiliki fungsi anabolik, yaitu memfasilitasi pertumbuhan otot serta mengembangkan dan memelihara tulang.

Meskispun testosteron merupakan hormon pria, testosteron sebenarnya juga terdapat dalam tubuh wanita walaupun kadarnya lebih sedikit dibandingkan pada pria. Dalam tubuh pria testosteron dibuat hampir seluruhnya di dalam testis dan sebagian kecil diproduksi oleh kelenjar adrenal. Sedangkan di dalam tubuh wanita, testosteron diproduksi di dalam ovarium dan kelenjar adrenal.

Walaupun kadar yang sedikit pada wanita, hormon testosteron juga memiliki peran bagi kesehatan seksual wanita, adapun peran dari testosteron dalam tubuh wanita yaitu :

  1. Memproduksi hormon estrogen

Manfaat pertama dari testosteron adalah membantu produksi hormon estrogen. Estrogen merupakan hormon seks wanita yang memiliki fungsi penting dalam tubuh wanita yaitu turut mengatur masa subur, membentuk tubuh wanita (dada, pinggupl, paha, wajah), membangkitkan gairah seksual, melembutkan kulit, dan memperkuat tulang.

  1. Meningkatkan libido

Testosteron berfungsi meningkatkan libido baik pada pria maupun wanita. Jika kadar testosteron dalam tubuh rendah, tubuh akan menjadi tidak bersemangat, tidak ada gairah, stres dan mudah marah. Pada wanita hormon testosteron akan berkurang drastis saat menoupause tiba. Berkurangnya kadar testosteron berakibat berkurangnya libido dan menyebabkan vagina menjadi kering pada wanita yang memasuki masa menopouse (mati haid).

  1. Membentuk massa otot

Selain fungsi seksual, testosteron juga berperan membangun tulang, otot, dan mengurangi lemak tubuh. Kekurangan testosteron akan membuat otot tidak berkembang, rambut rontok dan nyeri pada punggung. Karena testosteron memiliki fungsi untuk memproduksi estrogen, maka ketika testosteron berkurang juga mempengaruhi kadar estrogen dimana dapat menyebabkan osteoporosis (penyakit tulang keropos).

  1. Memiliki efek anti penuaan

Testosteron pada wanita dapat membantu meningkatkan tampilan, pandangan hidup, kenikmatan hidup, daya tarik seksual dan kepuasan seksual. Testosteron yang berkurang dapat membuat wajah menjadi kendur.

Itulah beberapa informasi tentang peran testosteron pada seksualitas wanita. Semoga bermanfaat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here