Peran Kolesterol Terhadap Hubungan Seks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam kehidupan rumah tangga, hubungan seksual merupakan unsur penting yang dapat meningkatkan hubungan dan kualitas hidup. Dampak lain dari hubungan seks yaitu dapat menciptakan kebahagiaan, baik untuk psikologis kita serta sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berbicara tentang manfaat hubungan seks terhadap kesehatan, mungkin beberapa dari anda mengalami masalah kesehatan dalam hubungan seks seperti terjadinya disfungsi ereksi ataupun masalah seks lainnya.

Penyebab tersering pada masalah hubungan seks yang anda alami adalah stress, fisik yang kurang baik atau penyakit mematikan seperti penyakit jantung. Namun pernahkah anda mengira mungkin masalah tersebut terletak atau disebabkan oleh kadar kolesterol anda.

Memang masih banyak orang yang mengabaikan tentang pentingnya peran kolesterol terhadap hubungan seks karena belum mengetahui hal tersebut. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan tentang hubungan seks dan kolesterol :

  1. Kolesterol berperan dalam pembentukan hormon seks

Ketika anda mendengar kata kolesterol, yang muncul dalam benak anda kolesterol merupakan sesuatu yang buruk dan dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh anda. Padahal kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu bertanggung jawab untuk membuat vitamin D dalam tubuh manusia, yang membuat tulang dan gigi yang kuat. Dalam hubungan seks kolesterol juga memiliki peran penting dalam pembentukan hormon seks yaitu sebagai bahan baku produksi hormon esterogen dan progesteron pada wanita. Sedangkan pada pria, membantu dalam pembentukan testosteron.

  1. Kolesterol tinggi menyebabkan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi atau impotensi merupakan gangguan fungsi organ seksual yang menyerang laki-laki, dimana laki-laki tersebut tidak mampu untuk menpertahankan ereksi penis untuk melakukan senggama yang memuaskan. Salah satu penyebab disfungsi ereksi adalah kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang tinggi akan menyempitkan pembuluh arteri dan membatasi aliran darah. Jika pembatasan aliran darah terjadi pada penis anda maka akan terjadi disfungsi ereksi, karena ereksi tergantung pada aliran darah ke bagian penis.

  1. Obat penurun kolesterol berpengaruh pada libido

Salah satu jenis obat penurun kolesterol yang banyak digunakan adalah statin. Padahal statin memiliki efek samping yang dapat menurunkan libido. Menurut penelitian yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 2009, penggunaan statin dapat menyebabkan perubahan dalam kenikmatan seksual, seperti menurunnya kualitas seks pengguna. Namun bagi anda yang memilih untuk tetap menggunakan obat statin jangan khawatir, karena tidak semua obat yang berbahan statin berhubungan dengan seks. Jadi anda dapat menghindari dengan beralih ke obat statin yang lain.

Itulah beberapa informasi tentang hubungan antara seks dan kolesterol. Bagi anda yang mungkin mengalami beberapa masalah seperti disfungsi ereksi dan lain-lain pada hubungan seks anda. Segeralah hubungi dokter sehingga dokter akan memberikan pengobatan. Dengan pengobatan akan mengembalikan hubungan seks anda bersama pasangan menjadi  nyaman. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY