Peran Mangan Untuk Fungsi Tubuh

SehatFresh.com – Mangan adalah mikronutrisi yang berfungsi sangat penting untuk  tubuh manusia. Namun, konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan sistem saraf dan ketidakmampuan belajar. Meski hampir semua makanan alami mengandung mangan, ternyata asupan makanan olahan berlebih sering mengakibatkan defisiensi mangan.

Menurut University of Maryland Medical School, mangan adalah mineral yang hadir dalam tubuh manusia dalam jumlah yang sangat kecil, terutama di tulang, hati, ginjal dan pankreas. Mineral ini penting dalam pembentukan tulang, jaringan ikat, faktor penggumpalan darah dan hormon seks, serta terlibat dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium dan regulasi gula darah. Selain itu, penting juga untuk fungsi otak dan saraf. Bahkan, mangan dapat membantu dalam mengobati osteoporosis, arthritis, sindrom pramenstruasi, diabetes dan epilepsi.

Lebih lanjut, University of Maryland Medical Center melaporkan kekurangan mangan dapat menyebabkan kemandulan, malformasi tulang, kelemahan dan kejang. Kacang-kacangan, biji-bijian dan nanas merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan mangan. Pria berusia 19 tahun ke atas harus mendapatkan 2,3 mg mangan setiap hari dan wanita usia 19 tahun ke atas harus mendapatkan 1,8 mg setiap hari. Wanita yang sedang hamil atau menyusui harus mendapatkan lebih banyak, sedangkan anak-anak asupannya lebih sedikit, tergantung pada usia.

Mangan dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit untuk fungsi tubuh yang tepat. Namun, tidak jarang banyak orang sering terkena paparan mangan berlebih melalui persediaan makanan, air dan udara. Vegetarian yang makan banyak biji-bijian dan kacang-kacangan, serta peminum teh berat, cenderung memiliki tingkat mangan melebihi kadar normal pada tubuh mereka. Tukang las dan orang-orang yang bekerja di industri baja sering terkena paparan mangan tingkat tinggi. Pekerja yang terpapar mangan tingkat tinggi berisiko menderita cacat sistem saraf. Anak-anak yang terpapar mangan tingkat tinggi sangat berisiko menderita masalah perilaku dan penurunan kemampuan belajar dan daya ingat.

Mangan seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan dalam multivitamin. Anda juga dapat mengambil suplemen mangan secara terpisah dalam bentuk tablet atau kapsul. Namun, gabungan asupan mangan dari diet dan suplemen tidak boleh melebihi 10 mg per hari. Orang dewasa dan terutama anak-anak, harus berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengambil multivitamin dengan kandungan mangan atau suplemen mangan secara terpisah.

Sumber gambar : www.referensisehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY