Peran Orang Tua Sebagai Penentu Kesehatan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orang tua adalah komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu, dan merupakan hasil dari sebuah ikatan perkawinan yang sah yang dapat membentuk sebuah keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Orang tua merupakan orang pertama yang diandalkan anak-anaknya sebagai panutan dan tentunya penyedia kebutuhan anak-anaknya. Sudah menjadi kewajiban bahwasanya orang tua haruslah memastikan anak-anaknya tumbuh dengan sehat dan tercukupi. Orang tua selayaknya memberikan kasih sayang, penerimaan, penghargaan, pengakuan dan pengarahan kepada anaknya.

Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang progresif dan berkesinambungan dalam diri individu dari mulai lahir sampai mati yang berlangsung secara sistematis, progresif baik yang menyangkut fisik maupun psikisnya. Setiap anak dalam hidupnya akan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan usianya.

Sesuai dengan prinsip perkembangan, maka setiap tahap merupakan periode penting bagi tahap berikutnya. Peran orang tua dalam menyokong kesehatan anaknya yang beriringan dengan usia anak amatlah dibutuhkan. Pola hubungan orang tua dan anak adalah suatu bentuk interaksi timbal balik antara orang tua dan anak. Pola hubungan ini diwujudkan dengan sikap dan perilaku orang tua terhadap anak.

Apabila pola komunikasi antar orang tua dan anak baik, maka kesehatan anak juga akan menjadi baik. Karena orang tua cenderung akan mengajarkan pola hidup yang sehat. Selain itu, menurut bidang ilmu keperawatan, keluarga memiliki fungsi atau perannya dalam masalah kesehatan diantaranya:

  1. Mampu mengenal masalah kesehatan

Orang tua perlu mengenal keadaan sehat dan perubahan-perubahan yang dialami oleh anggota keluarganya. Perubahan sekecil apapun yang dialami anggota keluarga secara tidak langsung akan menjadi perhatian dari orang tua atau pengambil keputusan dalam keluarga.

  1. Memutuskan tindakan yang tepat

Orang tua perlu mengenal keadaan sehat dan perubahan-perubahan yang dialami oleh anggota keluarganya. Perubahan sekecil apapun yang dialami anggota keluarga secara tidak langsung akan menjadi perhatian dari orang tua atau pengambil keputusan dalam keluarga.

  1. Merawat anggota keluarga

Apabila ada anggota keluarga yang sakit, orang tua mampu untuk merawat dengan perawatan pertama (pertolongan pertama).

  1. Memodifikasi lingkungan untuk menjamin kesehatan keluarga
  2. Menggunakan pelayanan kesehatan

Apabila orang tua mampu memenuhi kebutuhan anak, maka faktor kesehatan anak juga akan terjaga. Hal ini membuktikan bahwa adanya hubungan antara orang tua dan anak mampu mempengaruhi kesehatan masing-masing anggota keluarga.

Sebagai orang tua yang peduli akan kesehatan anak-anaknya, orang tua seharusnya memiliki tanggung jawab penuh dan dapat memberikan contoh nyata pada anak-anaknya akan kehidupan yang sehat. Selain itu, perhatikan pula kebutuhan-kebutuhan yang menjadi faktor pendukung dalam kesehatan anak. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here