Peran Orangtua Menjauhkan Narkoba dari Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Satu per satu korban terus berjatuhan akibat penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya (narkoba). Jika ditelusuri, tak sedikit dari korban narkoba tersebut adalah remaja. Di sinilah diperlukan peran orangtua untuk menjauhkan narkoba dari remaja.

Peran orangtua sangat penting dalam menjaga anaknya agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. Tidak hanya kehadiran secara fisik, peran orangtua tersebut juga harus menyentuh sisi psikologis anak. Upaya orangtua untuk menjauhkan pengaruh negatif narkoba dari kalangan remaja bisa berupa:

  • Mempelajari narkoba

Pelajari masalah narkoba melalui berbagai media atau kesempatan, seperti membaca, mendengarkan ceramah, berdiskusi dan sebagainya. Anda harus memahami jenis-jenis narkoba dan bahayanya masing-masing.

  • Mendidik anak tentang narkoba

Tidak sedikit, anak dan remaja menerima informasi tentang narkoba dari luar rumah. Informasi yang diterimanya tidak selalu positif, sebagian justru bermuatan negatif. Maka, orangtua perlu meluangkan waktu untuk memberi edukasi tentang narkoba secara lebih menyeluruh kepada anak sehingga anak mampu mengambil keputusan yang tepat.

  • Menjalin komunikasi secara intens

Jalinlah komunikasi secara intens dengan anak. Dalam berkomunikasi dengannya, jauhi kalimat-kalimat yang mengandung unsur ancaman. Cari tahu apa kesenangan dan kebutuhannya. Dorong keterbukaan agar anak dapat bercerita apa adanya tentang dunianya. Komunikasi yang aktif antara orangtua dan anak merupakan salah satu langkah efektif untuk mengantisipasi anak agar tidak terjerumus dalam jerat narkoba.

  • Mengawasi konsumsi media

Amati apa yang dikonsumsi anak dari media massa. Muatan negatif dari media bisa saja menerpa kalangan remaja. Siaran di televisi yang mengisahkan pemakaian narkoba adalah salah satu contohnya. Bila ada kesempatan, segera berikan penjelasan kepada anak apa yang baru saja disaksikannya melalui layar kaca.

  • Memberi contoh

Keluarga adalah lingkungan terdekat yang bisa menentukan perkembangan perilaku anak. Anak akan meniru perilaku orang tuanya karena mereka memandang orangtua sebagai figur mereka. Edukasi yang lebih efektif adalah by example. Dan, ini utamanya harus dilakukan oleh Anda sebagai orangtua. Pertanyaan sederhana untuk diri sendiri, misalnya, apakah Anda suka meminum minuman keras? Merokok?

  • Menjaga keharmonisan keluarga

Tetap tunjukkan rasa cinta dan kasih sayang Anda kepada seluruh anggota keluarga. Tidak sedikit korban penyalahgunaan narkoba berasal dari keluarga yang kurang harmonis, Maka, ciptakan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Jika anak mendapatkan kasih sayang di rumah sendiri, mereka tidak akan mencari “pelarian” ke hal-hal lainnya yang negatif.

  • Menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi meluasnya peredaran narkoba. Oleh sebab itu, Anda harus tetap mengikuti pergaulan anak di luar rumah. Jalinlah hubungan dengan berbagai pihak di luar rumah, seperti sekolah dan tokoh masyarakat. Tidak sedikit informasi terkini bisa diperoleh dengan seringnya Anda menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sekitar.(SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY