Peran Seorang Suami saat Istri Sedang Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan suatu proses hasil dari bertemunya sel telur dan sel sperma yang normalnya berlangsung selama 37-42 minggu. Pada masa tersebut tentu banyak perubahan yang terjadi pada wanita hamil baik secara fisiologi maupun psikologi yang disebabkan oleh hormon.

Meskipun kehamilan dialami oleh wanita yang berperan sebagai istri, akan tetapi seorang suami tetap memiliki peran sebagai pasangan dan calon ayah bagi anaknya. Sehingga setiap ayah harus ikut serta dalam masa kehamilan sang istri. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh calon ayah saat istri sedang hamil, antara lain :

  • Mencari informasi mengenai kehamilan

Agar dapat menjalankan peran sebagai suami dan calon ayah, setiap pria perlu mencari tahu mengenai informasi mengenai kehamilan dimulai dari prosesnya, perubahan yang terjadi pada istri, nutrisi ibu hamil, tanda bahaya kehamilan dan lain-lain.

  • Menjadi sahabat terbaik

Seorang suami harus bisa lebih sabar menghadapi istri yang sedang hamil dan harus bisa menjadi sahabat yang baik bagi sang istri. Hal ini perlu anda lakukan karena saat hamil istri akan lebih mudah emosi dan mengalami perubahan suasana hati yang tidak tentu.

  • Memberi dukungan

Menurut Sugi menyatakan bahwa ada sebagian suami yang tidak setuju istrinya hamil, hal ini tentu tidak boleh dilakukan oleh setiap suami karena perubahan yang terjadi pada masa kehamilan harus di dukung 100% oleh suami. Selain itu memberikan dukungan pada istri dapat mencegah terjadinya depresi pada istri.

  • Menemani istri ke dokter

Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) selama masa kehamilan minimal 4 kali selama masa kehamilan akan lebih baik jka dilakukan setiap bulannya agar kondisi janin terpantau. Pada saat melakukan kunjungan ANC sebaiknya suami menemani istri untuk memeriksakan kehamilannya ke dokter. Menurut Dra Clara Istiwidarum Kriswanto, MA, CPBC dari Jagadnita Consulting menyatakan bahwa apabila suami menemani istri pada saat pemeriksaan ANC maka suami akan mengetahui banyak hal mengenai kehamilan sehingga suami akan lebih sigap dan siap menjalankan perannya sebagai calon ayah. Selain itu beliau menjelaskan bahwa kehadiran suami atau calon ayah dalam masa kehamilan dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin.

  • Membangun suasana positif

Saat istri dalam masa kehamilan dalam situasi apapun suami harus membangun suasana positif dengan berkata baik, berbicara dengan lembut, menghargai dan mencintai perubahan yang terjadi pada istri.

  • Membantu istri mengerjakan rumah tangga

Meskipun anda sebagai suami memiliki kesibukan dan kewajiban bekerja untuk mencari uang. Akan tetapi usahakan anda untuk selalu membantu istri mengerjakan rumah tangga sekecil apapun. Terutama ketika istri dalam masa kehamilan anda harus membantunya agar istri tidak terlalu lelah dan cape mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

  • Ikut memilih perlengkapan bayi

Anda tidak perlu malas dan malu untuk menemani sang istri membeli dn memilih perlengkapan bayi yang akan digunakan nanti.

  • Pengertian dalam urusan seks

Pada umumnya wanita hamil akan merasa enggan untuk melakukan hubungan seks karena tidak merasa percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Kondisi ini harus anda pahami dan hindari menyinggung perasaan istri agar istri tidak merasa sedih. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here