Peranan Penting Zinc Untuk Kesehatan Pria

SehatFresh.com – Zinc berperan penting dalam kesehatan pria. Menurut Linus Pauling Institute, zinc berperean penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, respon imun, fungsi neurologis dan reproduksi. Zinc juga membantu menstabilkan struktur protein dan membran sel, dan mengatur ekspresi gen dan fungsi DNA. Bila asupan zinc tidak memadai, maka dapat berkontribusi terhadap sejumlah masalah kesehatan pada pria.

  • Fungsi kekebalan tubuh yang sehat

Zinc diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Menurut National Institutes of Health, kekurangan zinc berdampak pada rusaknya limfosit (sel kekebalan tubuh) dan menekan sistem kekebalan tubuh. Penurunan sistem kekebalan tubuh mengakibatkan peningkatan kerentanan tubuh terhadap infeksi.

  • Fungsi reproduksi

Zinc berperan penting dalam kesehatan reproduksi pria karena perannya dalam pengembangan, metabolisme dan pelepasan hormon seks. Kekurangan zinc telah dikaitkan dengan hipogonadisme. Hipogonadisme merujuk pada kondisi di mana testis tidak menghasilkan cukup hormon testosteron. Hal ini mengakibatkan gangguan fungsi reproduksi, kemandulan, penurunan massa otot, osteoporosis, kelelahan dan gejala lainnya.

  • Performa olahraga

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Nutrition” edisi Mei 2005,  menemukan bahwa pola makan rendah zinc mengakibatkan rusaknya fungsi kardiorespirasi dan metabolisme manusia selama latihan fisik. Dalam menanggapi tes latihan bergradasi, peserta studi pada pola makan rendah zinc ditemukan lebih cepat lelah, mengalami peningkatan ritme jantung dan pernapasan serta mengalami penurunan kapasitas untuk konsumsi oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

  • Nafsu makan

Kehilangan nafsu makan adalah gejala awal kekurangan zinc. Hal ini terjadi karena zinc bekerja sama dengan enzim yang mempertahankan indera penciuman dan rasa. Kadar zinc dalam tubuh yang tidak memadai dapat menghambat fungsi enzim tersebut.

  • Kesehatan kulit

Zinc merupakan komponen penting dalam pertumbuhan, pengembangan dan kekebalan jaringan yang sehat. Kadar zinc yang tidak memadai dapat bermanifestasi sebagai ruam kulit, jerawat, lesi, kulit kering atau kasar dan luka yang sulit sembuh.

  • Fungsi otak

Kekurangan zinc mengganggu fungsi otak, termasuk kemampuan memori dan pemecahan masalah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Nutrition”, peningkatan perkembangan otak dan kinerja neuropsikologi disertai suplementasi zinc telah dibuktikan pada orang dengan pola makan rendah zinc.

Tidak hanya akibat pola makan yang tidak sehat, kasus defisiensi zinc pada pria terjadi akibat dari sindrom malabsorpsi atau kondisi yang mengganggu fungsi tubuh untuk menyerap zinc. Penyakit, penyakit celiac Crohn dan anoreksia juga bisa menyebabkan kekurangan zinc pada pria. Menurut “Human Physiology: The Mechanisms of Body Function”, rekomendasi zinc harian pada pria dewasa yang sehat adalah 12 mg. Asupan zinc dapat diperoleh dari kerang, kepiting, lobster, kacang-kacangan, sereal biji gandum utuh, selada dan asparagus. Prinsipnya, asupan zinc akan tercukupi bila Anda menerapkan pola makan gizi seimbang.

Sumber gambar : www.amazon.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY