Perawatan Alami Batuk dan Pilek pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bayi rentan terhadap berbagai serangan kuman atau virus yang bisa menimbulkan penyakit, seperti batuk dan pilek. Hal ini wajar mengingat bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh sempurna.

Nah, bila bayi Anda terserang batuk dan pilek, apa yang Anda lakukan? Jangan buru-buru membawanya ke dokter. Berikut sejumlah perawatan alami bisa menjadi solusi untuk menyembuhkannya:

  • Bersihkan tangan ketika merawat bayi yang pilek

Penyakit pilek disebarkan oleh virus dan sangat cepat untuk menular. Jadi, ketika Anda merawat bayi pilek, maka biasakan untuk menjaga kebersihan tangan dan lingkungan.

  • ASI

Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi Anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif, maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan pilek sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui.

Pertama, ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat pilek bayi menjadi lebih parah. Kedua, ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Dengan kata lain, ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi Anda.

  • Bersihkan hidung bayi dari lendir yang menyumbat

Umumnya bayi masih menggunakan hidung sebagai saluran utama untuk bernafas. Ketika bayi Anda terkena pilek, maka biasanya bayi akan sulit untuk bernafas dan membuatnya. Selain itu, bayi umumnya belum bisa membersihkan lendir dari hidung sehingga Anda perlu membantu.

Caranya adalah dengan menarik lendir bayi menggunakan alat khusus. Selain itu, ketika bayi sedang pilek, maka sebaiknya ibu jangan menyusui sambil tiduran.

  • Pijat bayi

Cara melakukan pijat bayi yang benar juga bisa membantu meringankan pilek secara alami. Pijat dengan menekan pada titik titik tubuh bayi tertentu bisa membantu bayi merasa lebih nyaman. Bayi Anda bisa tidur nyenyak setelah dipijat sehingga bayi bisa istirahat dengan baik.

Selain itu gerakan pijatan yang baik juga bisa membantu mengeluarkan dahak, membantu bayi bisa batuk dan merangsang bagian tubuh bayi agar bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika Anda tidak bisa melakukan pijat bayi sendiri maka lakukan dengan bantuan terapis khusus bayi. Pijat bayi juga sangat efektif untuk mengatasi bayi sering menggeliat dan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi.

  • Encerkan lendir

Jika pilek pada bayi sudah sangat mengganggu, encerkan lendirnya dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Lalu, gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung.

Tepuk perlahan punggung bayi untuk membantu meringankan penafasannya yang tersumbat. Baringkan bayi dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here