Perawatan dan Pengobatan Infeksi Jamur Vagina pada Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika anda merasakan panas, gatal, warna kemerahan pada vagina dan keluar cairan abnormal putih kental dari vagina saat hamil, maka bisa jadi anda mengalami infeksi jamur pada vagina. Infeksi jamur vagina tidak berbahaya bagi ibu hamil namun ada kemungkinan membahayakan bayi anda saat proses persalinan nanti.

Komplikasi infeksi jamur vagina yang akan muncul pada proses persalinan jika tidak ditangani saat hamil yaitu bayi anda akan mengalami sariawan pada bagian mulutnya. Pastinya mulut bayi anda akan kesakitan. Oleh karena itu menyembuhkan infeksi jamur vagina sedini mungkin saat hamil itu penting. Anda harus melakukan perawatan dan pengobatan demi kesembuhan infeksi jamur vagina yang diderita.

Perawatan

Ada perawatan infeksi jamur vagina yang bisa anda lakukan selama hamil yaitu intiya tetap menjaga kebersihan area vagina seperti sering mengganti celana dalam yang bersih, gunakan celana dalam yang memiliki daya serap bagus, dan penting juga untuk tidak menggunakan pembalut saat mengalami infeksi jamur meski anda mengeluarkan keputihan dalam jumlah banyak.

Pengobatan

Jika perawatan yang anda lakukan selama kehamilan tidak membantu anda sembuh dari infeksi jamur vagina. Maka sudah saatnya anda melakukan pengobatan. Anda bisa pergi ke dokter sehingga akan diberi obat yang sesuai dengan infeksi jamur yang anda alami. Biasanya bentuk obat yang diberikan dari dokter yaitu obat dengan pemberian oral atau per vaginam.

Hindari membeli obat di luar atau dipasaran karena bisa saja obat yang anda beli tidak sesuai dengan keluhan infeksi jamur vagina yang anda alami. Jika tidak sesuai justru bisa memperparah infeksi jar vagina tersebut.

Berbeda dengan periksa ke dokter anda akan diberi obat yang sesuai dengan pemeriksaan meliputi riwayat keluhan anda, gejala yang ada, dan juga bila perlu ada juga pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan sekret vagina dengan mikroskop. Dengan pemeriksaan tersebut maka dapat memperakurat hasil pemeriksaan dan mendukung pemberian obat yang benar.

Selain pemeriksaan yang teliti. Memilih periksa ke dokter dibandingkan membeli di pasaran yaitu anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan seperti cara pemakaia obat, efek obat, kesembuhan dari infeksi jamur vagina dan juga perawatan lebih lanjut untuk mempercepat infeksi jamur pada vagina anda.

Itulah cara perawatan dan pengobatan infeksi jamur vagina pada kehamilan. Intinya adalah menjaga kebersihan area vagina, karena umumnya area vagina merupakan daerah yang sensitif, apalagi sedang hamil yang mana tubuh mengalami banyak perubahan sehingga risiko infeksi jamur vagina juga besar. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here