Perawatan dan Pengobatan Kanker Lidah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker lidah merupakan salah satu kanker berbahaya yang sering menyerang para perokok aktif. Selain merokok, anda bisa berisiko terkena kanker lidah karena faktor lain seperti mengonsumsi alkohol, menguyah sirih atau tembakau, pola makan yang buruk, orang yang terinveksi HPV, kekebalan tubuh rendah karena HIV AIDS, dan juga adanya riwayat jenis kanker lainnya.

Jika seseorang sudah terkena kanker lidah, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan dan pengobatan sehingga mencegah sel kanker yang menyerang lidah menyebar ke organ lain seperti ke leher karena menyerang kelenjar getah bening.

Dalam masa perawatan kanker lidah anda akan dianjurkan melakukan pemeriksaan atau skrining tahunan kanker mulut untuk memastikan kanker lidah yang anda derita. Jika diagnosis membenarkan bahwa anda terkena kanker lidah, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pengobatan.

Pengobatan kanker lidah memiliki beberapa jenis tergantung dari ukuran kanker dan juga penyebarannya apakah sudah sampai kelenjar getah bening atau belum. Pengobatan tersebut antara lain:

  1. Operasi

Pengobatan kanker lidah dengan operasi dilakukan dengan mengangkat bagian kanker pada lidah atau bisa juga sampai kelenjar getah bening yang berada di dekatnya.Operasi pengangkatan sel kanker biasanya dilakukan jika kanker masih stadium awal sehingga masih kecil. Jika ukuran sel kanker sudah besar maka akan dilakukan prosedur glosektomi. Glosektomi adalah operasi besar untuk menghapus sebagian atau seluruh bagian lidah. Efek dari tindakan operasi biasanya akan membuat anda kesulitan berbicara atau sulit menelan.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan untuk menghancurkan sel-sel kanker di seluruh tubuh, oleh karena itu pengobatan ini baiknya dilakukan jika kanker lidah sudah menyebar ke anggota tubuh lain. Kemoterapi menggunakan obat anti kanker dan kadang dikombinasikan dengan terapi radiasi.

  1. Radioterapi

Radioterapi merupakan terapi radiasi dapat digunakan jika kanker lidah yang anda derita sudah sampai pada pangkal lidah atau belakang lidah. Jika kemoterapi menggunakan obat anti kanker, terapi radioterapi ini menggunakan radiasi untuk membunuh sel kanker. Sel kanker yang dibunuh dengan terapi radiasi ini akan menyusut.

Itulah jenis pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker lidah. Jika pengobatan berhasil dan anda dinyatakan sembuh, dokter akan memberikan perawatan lanjutan seperti terapi untuk meningkatkan gerakan lidah, menelan dan mengunyah. Gangguan bicara bisa saja terjadi pasca pengobatan jadi anda bisa direkomendasikan untuk menjalani terapi wicara.

Selain itu, anda juga akan dipantau mengenai kesehatan mulut setelah pengobatan meliputi mulut, tenggorokan, kerongkongan dan paru-paru untuk memastikan jika sel kanker benar-benar sudah hilang. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here