Perawatan Kulit Untuk Remaja

SehatFresh.com – Berbagai perubahan hormon yang dialami tubuh saat pubertas dapat memengaruhi kulit. Hal dikarenakan perubahan tersebut dapat memengaruhi keseimbangan pH tubuh. Selain itu, usia remaja adalah fase di mana remaja sedang bertumbuh dan mencari jati diri. Biasanya pada usia remaja, mereka akan mulai merawat diri baik dari segi tubuh, kulit, dan rambut. Hal itulah yang menyebabkan banyak remaja yang mulai mencoba-coba berbagai produk perawatan terutama perawatan wajah. Pasalnya, perubahan hormonal juga semakin meningkatkan kerentanan kulit remaja terhadap jerawat.

Di usia remaja, anak biasanya mulai memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, sehingga kulit wajahnya pun dapat menjadi lebih rentan terpapar debu, kotoran dan keringat. Bila Anda malas membersihkan wajah, kulit menjadi semakin berisiko berjerawat. Selain itu, pemilihan produk kecantikan yang cocok untuk tipe kulit juga menjadi penting untuk diperhatikan.

  • Perawatan kulit dasar

Aspek yang paling penting agar kulit terhindar dari jerawat adalah kebersihan. Perawatan untuk menjaga kulit tetap bersih tergantung pada jenis kulit. Kulit yang cenderung berminyak, secara alami lebih rentan terhadap jerawat dibandingkan jenis kulit lainnya. Namun, kulit terlalu kering juga tidak terlepas dari ancaman jerawat. Terlepas dari jenis kulit yang dimiliki, mengonsumsi makanan sehat disertai olahraga secara teratur dapat menjaga kulit tetap sehat sehingga tidak rentan berjerawat. Air putih juga sangat penting untuk kesehatan kulit remaja. Air putih dapat bermanfaat sekali untuk kelancaran sistem di dalam tubuh dan menutrisi sel-sel kulit. Air putih juga dapat menjamin kulit Anda terhidrasi dengan baik dan melembabkan kulit secara alami.

  • Perawatan kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, meminimalkan minyak yang diproduksi oleh kulit dan kedua, hindari penggunaan produk yang akan membuat kulit berminyak. Gunakan produk wajah yang dirancang untuk orang dengan kulit berminyak. Hindari makan makanan yang digoreng secara berlebihan yang mungkin akan menyebabkan penyumbatan kelenjar sebaceous. Selalu bersihkan wajah untuk menghilangkan minyak sebelum pergi tidur, terutama ketika sedang musim panas.

  • Perawatan kulit kering

Untuk kulit kering, penggunaan pelembab alami dapat mengembalikan keseimbangan kelembaban kulit. Beberapa remaja hanya mengalami kekeringan ketika cuaca dingin. Kulit kering biasanya dapat ditangani dengan cocoa butter, shea butter atau pelembab berbasis tumbuhan alami lainnya. Sebaiknya hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.

  • Perawatan kulit berjerawat

Jerawat adalah salah satu kekhawatiran yang paling umum bagi banyak remaja. Banyak remaja mengembangkan jerawat mulai dari jerawat ringan hingga berat. Ketika kulit berjerawat, sebaiknya biarkan kering dengan sendirinya dan jangan memencetnya. Memencet jerawat hanya akan meninggalkan bekas luka dan meningkatkan risiko infeksi. Ada banyak produk perawatan kulit yang akan mengurangi jerawat. Produk yang mengandung asam salisilat mungkin sangat efektif mengatasi jerawat. Untuk jerawat yang parah, sebaiknya periksakan ke dokter agar perawatannya lebih tepat.

Sumber gambar : caramerawatwajahberjerawat123.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY