Perawatan Kulit Wajah Sesuai Usia

SehatFresh.com – Kecantikan wanita umumnya terpancar dari kondisi kulit terutama kulit wajah. Kulit wajah yang sehat memancarkan kecantikan ekstra, bukan hanya sekedar pulasan make up. Kulit merupakan salah satu aset kecantikan yang paling berharga. Proses penuaan kulit merupakan proses yang tidak bisa kita hindari. Timbulnya garis halus atau keriput pada wajah pasti akan kita alami.

Tidak bisa kita pungkiri, penuaan merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita. Agar tetap terlihat cantik di usia paruh baya, salah satu caranya adalah dengan selalu merawat kulit wajah dan memilih produk yang sesuai dengan usia Anda. Kulit perlu dirawat agar kesehatanya tetap selalu terjaga. Rajin merawat kulit dapat mempertahankan kesehatan dan mencegah timbulnya berbagai masalah pada kulit.

Usia 20-an
Usia 20-an, kondisi kulit masih kenyal dan kencang karena lapisan epidermis yang menahan air berfungsi dengan baik. Perawatan kulit di usi 20-an sangat penting. Perawatan kulit yang tepat sejak usia ini dapat mempertahankan keindahan dan kesehatan kulit agar kulit tetap kenyal dan kencang seiring bertambahnya usia. Gunakanlah produk pembersih wajah yang lembut, tetapi mampu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati sekaligus berfungsi melembabkannya. Agar hasil lebih maksimal, disarankan menggunakan toner yang bisa mencerahkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Tingkatkan juga jumlah kolagen dalam kulit dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan E.

Usia 30-an
Penuaan dini menjadi masalah kulit yang umum terjadi diusia 30-an. Diusia ini, produksi kolagen mulai mengalami penurunan. Penurunan produksi kolagen ini membuat kulit mulai keriput dan mengendur. Untuk perawatan diusia 30-an, gunakan pembersih, pelembap, dan tabir surya sebagai perawatan kulit harian. Selain itu, Anda juga dapat memakai beberapa produk untuk mengurangi kerutan pada kulit, seperti memakai masker dan peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Tingkatkan juga konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, B, C dan E, untuk melawan efek radikal bebas dan membantu memperbaiki kulit secara alami.

Usia 40-an
Pada usia 40-an, kulit sudah mulai menunjukan penuaan. Kerutan dan flek sudah mulai muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah cream malam yang mengandung anti-aging. Selain itu Anda juga perlu menambahkan serum khusus dalam ritual perawatan Anda. Konsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin C seperti brokoli, kiwi, dan jeruk juga tidak boleh sampai terlewatkan. Lakukan juga perawatan scrub untuk mengelupas sel kulit mati dengan menggunakan produk atau bahan alami yang dapat meningkatkan produksi kolagen, agar kulit kembali kenyal dan segar serta flek hitam di wajah pun tersamarkan.

Usia 50-an
Menginjak usia 50-an, kulit mungkin sudah kehilangan kekencangan dan kekenyalannya. Diusia 50-an, kerutan pada wajah akan semakin terlihat dan organ-organ pada tubuh juga semakin berkurang produktifitasnya, sehingga memerlukan perawatan yang ekstra. Anda perlu menghindari paparan sinar matahari secara langsung, cukupi kebutuhan air putih agar kulit terhidrasi dengan baik, dan lakukan perawatan kulit menggunakan masker berbahan alami. Selain itu, pilihlah produk perawatan anti-aging yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

Sumber gambar : lifestyle.liputan6.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY