Perawatan Payudara Pasca Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Payudara adalah organ tubuh yang sangat penting bagi keberlangsungan perkembangan bayi yang baru lahir. Payudara memang secara natural akan mengeluarkan ASI begitu ibu melahirkan. Namun, banyak Ibu yang mengeluh bayinya tidak mau menyusu pada awal kelahiran, kejadian ini bisa disebabkan oleh faktor teknis seperti puting susu yang masuk atau posisi yang salah. Selain faktor teknis ini tentunya air susu ibu juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan kondisi psikologis Ibu.

Faktor nutrisi bisa dipenuhi dengan tambahan asupan kalori 500 kkal per harinya, khususnya nutrisi kaya protein seperti ikan, telur,dan hati, serta kalsium yang dapat diperoleh dari susu, dan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih. Faktor psikologis pun penting dalam menciptakan suasana santai dan nyaman, tidak terburu-buru dan tidak setres saat menyusui dapat memperlancar proses laktasi.

Pentingnya payudara bagi wanita pasca melahirkan salah satunya adalah untuk menyusui bayinya, perawatan payudara setelah melahirkan bertujuan agar payudara senantiasa bersih dan mudah dihisap oleh bayi. Perawatan payudara sebaiknya dilakukan sedini mungkin setelah melahirkan selama satu hingga dua hari, maka dari itu perlu dilakukan beberapa perawatan payudara, langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat payudara adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan dan alat. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah: baby oil atau minyak kelapa bersih, gelas, air hangat dan dingin didalam baskom kecil, dua¬† buah handuk mandi bersih, kapas, handuk kecil atau washlap untuk mengompres.
  • Kompres puting susu. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengkompres puting susu yang sudah dibasahi baby oil selama beberapa menit. Lalu lakukan pengurutan payudara.
  • Pengurutan Pertama. Licinkan kedua tangan dengan minyak. Tempatkan kedua tangan diantara payudara. Pengurutan dilakukan dimulai ke arah atas, lalu telapak tangan kiri ke arah sisi kiri dan telapak kanan ke arah sisi kanan. Lakukan terus pengurutan ke bawah dan ke samping. Ulangi masing-masing 20 hingga 30 gerakan untuk setiap payudara.
  • Pengurutan Kedua. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri, kemudian dengan pinggir kelingking tangan kanan urut payudara dari pangkal hingga puting susu. Lakukan juga untuk payudara sebelah kanan. Ulangi masing-masing 20 hingga 30 gerakan untuk setiap payudara.
  • Pengurutan Ketiga. Sokong payudara kiri dengan satu tangan kiri sedang tangan kanan mengepal dan mengurut dengan buku-buku jari pangkal ke arah puting susu. Lakukan juga untuk payudara sebelah kanan. Ulangi masing-masing 20 hingga 30 gerakan untuk setiap payudara.
  • Pengurutan keempat. Pegang pangkal payudara dengan kedua tangan lalu urut dari pangkal payudara ke arah puting susu sebanyak satu kali
  • Pengurutan kelima. Pijat puting susu hingga keluar cairan ASI dan tampung dengan tempat yang bersih/gelas.
  • Kompres kedua payudara dengan handuk kecil hangat selama dua menit, lalu ganti dengan kompres air dingin dua menit dan yang kompres lagi dengan air hangat selama dua menit.

Perawatan ini sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, melakukan perawatan payudara, baik sebelum maupun sesudah melahirkan ini diharapkan dapat memperlancar proses laktasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY