Perbedaan Buah Nanas Madu dengan Nanas Biasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nanas adalah buah yang berasal dari Brasil, Paraguay dan Bolivia. Meski berasal dari luar negeri, buah nanas juga banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman buah nanas ini berbentuk tumbuhan rendah dan bersifat menahun.

Buah nanas merupakan salah satu buah yang banyak penikmatnya di Indonesia. Seperti halnya buah populer lainnya, buah nanas juga dijadikan banyak sekali olahan seperti menjadi jus, selai, rujak dan campuran makanan lainnya.

Tak hanya jenis olahannya saja yang beragam, buah nanas juga memiliki banyak jenis. Salah satu jenis buah nanas yang paling banyak dicari di Indonesia yaitu nanas madu. Nanas madu banyak dicari karena buah nanas madu memiliki keunggulan sendiri yang tidak dimiliki buah nanas jenis lainnya.

Keunggulan dari buah nanas madu yaitu ukurannya yang lebih besar, rasa daging yang lebih manis serta segar dengan aroma khas nanas yang begitu kuat. Keunggulan tersebut yang membuat harga nanas madu lebih mahal dibanding nanas biasa namun masih banyak orang yang lebih memilih nanas madu.

Permintaan akan nanas madu yang tinggi, terkadang membuat beberapa penjual nanas madu untuk berbuat curang dengan mengatakan bahwa buah nanas yang mereka jual merupakan buah nanas madu yang ternyata telah diganti dengan nanas madu. Hal itu dilakukan agar mereka mendapat keuntungan. Namun, anda sebagai konsumen tentunya tidak mau dibohongi dan tidak mau rugi bukan? Oleh karena itu, penting untuk anda agar dapat membedakan jenis nanas madu dengan nanas biasa sehingga tidak tertipu.

Untuk mengetahui perbedaan buah nanas madu dengan nanas biasa. Anda bisa menyimak penjelasan tersebut di bawah ini:

  1. Ukurannya lebih besar

Untuk membedakan nanas madu dengan nanas biasa, ciri pertama yang bisa anda ketahui adalah dengan memperhatikan fisik dari nanas tersebut. Jika ukurannya besar maka bisa jadi itu merupakan nanas madu. Dimana nanas madu cenderung berukulan lebih besar dan mata kulitnya yang juga besar-besar.

  1. Memiliki rasa yang lebih manis

Sudah menjadi suatu kebiasaan saat ingin membeli buah anda sebagai konsumen pasti disuruh untuk mencicipi sampel buah agar anda bisa memastikan buah yang dibeli sesuai dengan selera anda atau tidak.Saat mencicipi sampel nanas madu, anda sebaiknya memilih sendiri jangan mau dipiihkan oleh pembeli sehingga anda bisa memastikan mana yang benar nanas madu dan bukan nanas madu.Nanas madu memiliki perbedaan di tingkat kemanisan dibanding nanas yang biasa. Nanas madu memiliki rasa yang lebih manis dari nanas biasa.

  1. Aromanya sangat wangi

Untuk membedakan aroma nanas madu dengan nanas biasa. Anda bisa memastikan dengan mencium aroma khas yang dimiliki nanas madu. Aroma khas nanas madu yaitu aroma nanasnya sangat kuat dan menyegarkan.

  1. Ada bunyi ketka disentil

Cara yang cukup ampuh untuk memastikan buah nanas yang anda cek adalah nanas mau yaitu dengan menyentil buah nanas dan dengarkan bunyinya. Perbedaan nanas madu dengan nanas biasa saat disentil yaitu nanas madu akan terdengar suara yang nyaring sedangkan nanas biasa tidak akan mengeluarkan suara yang nyaring. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here