Perbedaan dan Pengertian Alat Make Up Lip Gloss, Lip Balm serta Lip Butter!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lip gloss, lip balm, atau lip butter, mau pakai yang mana ya? Jangan asal pakai lho! Walaupun semuanya diawali dengan kata lip, manfaat dan efeknya berbeda.

Hampir setiap wanita ingin tampil mengesankan. Banyak anggota tubuhnya yang sangat diperhatikan. Mulai dari ujung rambut hingga turun ke kaki. Berbagai perawatan pun dilakukan untuk bagian-bagian tubuh tertentu wanita.

Salah satu bagian yang sering mendapat sorotan bagi wanita adalah bibir. Ada banyak produk perawatan dan make up untuk bibir. Tiga di antaranya adalah lip gloss, lip balm, dan lip butter. Alih-alih keliru memakainya, yuk cari tahu dulu perbedaannya!

  • Lip gloss

Lip gloss adalah produk make up pewarna bibir yang kandungan minyaknya tinggi. Selain mewarnai bibir dan memberikan kesan berkilau alias glossy, lip gloss juga bisa menjaga kelembaban kulit. Tapi, dampaknya tak seampuh lip balm atau lip butter. Lip gloss sangat cocok bagi Anda yang memiliki bibir kering karena lip gloss memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga lebih mudah hilang dibandingkan lipstik. Banyak juga yang mengaplikasikan lip gloss setelah lipstik supaya menambakan kesan berkilau. Yang membedakan lipstik dan lip gloss adalah sifatnya yang padat dan kandungan minyaknya yang lebih sedikit. Warna yang ditinggalkan lipstik di bibir juga lebih pekat.

  • Lip balm

Lip balm adalah produk perawatan yang bisa menjaga kelembaban sekaligus melembutkan bibir. Lip balm biasanya dilengkapi dengan kandungan vitamin E. Bibir–sama seperti kulit–perlu perawatan juga. Nah, lip balm berguna untuk menutrisi bibir Anda dan menghindari bibir pecah-pecah. Beberapa lip balm juga ada yang mengandung SPF. Kandungan SPF pada lip balm mencegah bibir Anda menghitam akibat matahari. Lip balm biasanya berbentuk seperti ‘salep’ dan tidak meninggalkan warna di bibir Anda. Anda juga bisa mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik agar bibir tidak kering, misalnya mengoleskan lip balm 15–20 menit sebelum menggunakan lipstick matte. Selain itu, ada juga lip balm berbentuk stik, biasa disebut chapstick.

  • Lip butter

Produk perawatan kelembaban bibir lainnya adalah lip butter. Bedanya dengan lip balm, lip butter memiliki kandungan minyak lebih banyak. Bibir yang pecah-pecah dan kering cocok memakai produk ini. Sama seperti lip balm, lip butter tak meninggalkan warna di bibir, walaupun mungkin di kemasannya dibuat dalam berbagai warna. Lip butter tidak mengandung SPF dan cocok dipakai saat sebelum tidur.

Itulah perbedaan fungsi lip gloss, lip balm, dan lip butter. Sekarang, Anda tidak bingung lagi kan? Tinggal mencocokkan dengan kebutuhan dan keinginan Anda untuk menggunakannya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here