Perbedaan Depresi Antara Pria dan Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu depresi? Depresi adalah keadaan dimana suasana hati pada seseorang menurun drastis dan dapat mempengaruhi pikiran prilaku, perasaan dan kenyamanan sehingga dapat menimbulkan hilangnya nasfu makan dan menjadi putus asa. Setiap orang memiliki faktor untuk stres sendiri dan berbeda-beda setiap orang. Seseorang yang berusia lebih tua cenderung mudah mengalami gejala stres dari pada mereka yang berusia muda. Bahkan, pria dan wanita juga bisa mengalami depresi dengan cara yang berbeda, sehingga ketika mampu memahami perbedaannya, kita dapat membantu mereka yang sedang mengalaminya.

Menurut penelitian mengenai depresi yang terkait dengan perbedaan antara jenis kelamin, wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengembangkan kondisi stresnya. Terdapat beberapa perbedaan juga terhadap gejala depresi yang ditunjukkan oleh pria dan wanita. Jika seorang wanita cenderung mengungkapkan emosi depresi dengan kesedihan, seorang pria lebih mungkin untuk menunjukkan emosi depresinya dengan marah atau mudah tersinggung dan seringnya disertai dengan kekacauan.

Depresi Pada Pria

Berbeda dengan wanita, pria menunjukkan sikap yang berbeda saat mengalami depresi. Sedih, lelah dan kehilangan keinginan untuk bersenang-senang dalam rutinitas juga akan mereka rasakan. Ketika pria depresi, mereka jarang untuk mencari bantuan. Tidak mudah bagi pria atau bahkan menjadi hal yang paling dihindarkan bagi pria untuk menceritakan masalah atau perasaannya dan memilih untuk menyembunyikannya. Pria umumnya berusaha untuk menyembunyikan keluhan yang menimpa mereka, karena itu gejala depresi pada pria sering menjadi berat. Hal inilah yang membuat mereka lebih berpeluang untuk melakukan percobaan bunuh diri atau menggunakan minuman keras atau narkoba untuk mengatasi keluhannya. Pria yang mengalami depresi umumnya juga menjadi lebih mudah untuk tersinggung, marah dan curiga. Pria yang depresi pada umumnya lebih memilih berolahraga, melakukan hubungan seks atau minum minuman keras untuk mengatasi depresinya. Pria juga cenderung menunjukkan sikap melarikan diri seperti melampiaskan energi dan waktunya untuk bekerja sampai larut malam atau menekuni hobi.

Depresi Pada Wanita

Menurut penelitian, wanita lebih sering mengalami depresi daripada pria. Selain karena pengaruh hormon, wanita lebih rentan mengalami depresi karena wanita lebih sering menanggapi sesuatu menggunakan perasaan. Ketika depresi, wanita biasanya akan mencari bantuan. Wanita juga cenderung ekspresif dan mudah untuk menceritakan perasaannya kepada orang lain. Karena wanita lebih ekspresif daripada pria, gejala depresi biasanya dapat diketahui dan diatasi dengan cepat. Wanita yang mengalami depresi akan menjadi lebih melankolis, mudah menangis, menyalahkan diri sendiri dan merasa cemas. Dalam mengatasi depresinya, biasanya wanita lebih memilih berkumpul dengan teman ataua makan.

Baik pada pria maupun wanita, depresi tidak boleh didiamkan karena dapat mengganggu produktivitas dan membahayakan jika dibiarkan begitu saja. Selain dapat menimbulkan penyakit, depresi juga menjadi pintu seseorang untuk melakukan bunuh diri. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here