Perbedaan Kanker dan Tumor Secara Umum

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbagai macam penyakit terus bermunculan. Tapi masih banyak masyarakat yang kurang memahami bagaimana perbedaan kanker dan tumor sehingga seringkali penyakit ini terabaikan.

Apa Itu Tumor?

Tumor merupakan tumbuhnya neoplasma atau regenerasi sel di bagian tubuh tertentu secara tidak normal. Sel tubuh biasa tumbuh sesuai dengan siklus untuk mengganti sel tubuh yang sudah mati. Tapi jika ada tumor, maka pertumbuhan sel menjadi sangat tidak terkendali.

Pertumbuhan sel pada jaringan kulit akan memperlihatkan tumbuhnya benjolan-benjolan kecil. Tumor tidak berbahaya, yang menjadi bahaya ketika dibiarkan terus tumbuh dan tidak diangkat karena bisa berkembang menjadi kanker.

Jenis-jenis Tumor

Tumor terbagi menjadi dua yaitu jinak dan ganas. Tumor jinak merupakan tumor yang tidak menyebar ke organ tubuh yang lain. tumor jinak tetap harus segera mendapat penanganan agar tidak berkembang menjadi tumor ganas. Tumor jinak tidak akan muncul lagi jika sudah dioperasi.

Sedangkan tumor ganas merupakan tumor yang menyebar ke organ tubuh di sekitarnya. Penyebarannya terjadi melalui pembuluh darah. Tumor ganas sangat cepat menyebar dan membuat organ lain terjadi infeksi.

Apa Itu Kanker?

Kanker merupakan penyakit yang dapat membuat penderitanya mengalami kematian. Kanker merupakan tidak terkendalinya regenerasi sel yang terjadi secara mutasi sel dan bertahap. Tahapan kanker bisa semakin parah jika terus berlanjut.

Penderita kanker biasanya akan membuat sel terus membelah diri secara tidak normal sehingga menyerang bagian organ tubuh yang lain dan letaknya berjauhan. Kanker merupakan mutasi sel yang terjadi secara tidak normal.

Terjadinya mutasi DNA biasa disebabkan oleh adanya kebiasaan minum alkohol, asap rokok, dan bahan kimia. Perbedaan sel kanker dengan sel normal ialah terjadinya tumor atau pun kanker pada bagian tubuh tertentu.

Cara mendeteksi kanker ialah dengan mengambil sampel sel yang ada di bagian tubuh yang dinilai sebagai kanker. Kemudian ada beberapa perbedaan mendasar antara sel kanker dan sel kulit normal sebagai berikut:

  • Sel Kanker Beregenerasi. Terjadinya apoptosis merupakan kondisi dimana jumlah sel yang dibutuhkan tubuh sudah mati dan digantikan dengan sel baru yang semakin tidak terkendali.
  • Sel Kanker Menyerang Jaringan Lain. Sel kanker sangat cenderung menyerang dan merusak jaringan yang lain.
  • Sel Kanker Tidak Berkoodinasi dengan Sel Lain. Sel kanker dapat mengganggu fungsi tubuh yang sehat.
  • Sel Kanker Membentuk Pembuluh Darah Baru. Sel kanker dapat menunjang kebutuhan makannya sendiri sehingga membuat jaringan di sekitar kanker tidak stabil.

Demikian informasi mengenai perbedaan kanker dan tumor secara umum. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY